Balita Laki-laki Ingin Seperti Ayah

 

Di usia empat tahun, balita sadar tentang gender. Dan ketika balita sadar dirinya laki-laki, ia ingin seperti ayah!

Balita laki-laki Anda mulai bisa bergaya seperti ayahnya di usia empat tahun. Ia bertingkah mengikuti tingkah laku ayah. Ia meniru gerak-gerik dan kebiasaan ayahnya. Mengapa begitu?

Sadar gender. Anak usia 4 tahun gemar meniru apapun, mulai dari gerak tubuh hingga perilaku tertentu, misalnya gaya ibu mengetik di laptop atau ayah mencuci mobil. Balita bahkan  dapat meniru cara tertawa, marah dan bersedih ayah maupun ibunya.   

Anak laki-laki umumnya ingin seperti ayahnya, sementara anak perempuan ingin seperti ibu. Ini terjadi karena anak sadar gender, yakni dapat membedakan laki-laki dan perempuan. Balita pun mengidentifikasikan diri pada orang tua berjenis kelamin sama.  

Dekatkan diri. Kemampuan anak mengidentifikasi laki-laki dan perempuan merupakan salah satu ciri pertumbuhan seksual yang sehat. Balita laki-laki belajar bahwa buang air kecil sambil berdiri adalah cara yang seharusnya dilakukan laki-laki.  

Lebih dari itu, dia melihat ayah kerap mengerjakan tugas-tugas yang 'khas' laki-laki; seperti membetulkan genteng, membetulkan kran dan mencuci mobil. Ayah pun kerap menawarkan diri menemani ibu jika ibu perlu pergi jauh atau ke luar rumah di malam hari. Putra Anda melihat ayah selalu melindungi ibu.

Dalam aktivitas sehari-hari bersama ayah, melalui bermain misalnya, balita empat tahun belajar kompetisi yang dapat melatih kemampuan mental dan fisiknya untuk mengeksplorasi dunia dan mengenal kemampuan tubuh. Permainan khas laki-laki yang ditawarkan ayah memberinya model tepat untuk membantu anak mengidentifikasikan diri pada sisi-sisi maskulin seorang laki-laki.

Interaksi ayah-anak sejak dini, baik melalui bermain maupun aktivitas sehari-hari lain, bocah laki-laki Anda belajar cara-cara menyelesaikan masalah, kemandirian dan wawasan berpikirnya terbuka luas. Ia tahu ayah adalah pelindung dan andalan dalam keluarganya. Ayah juga lembut, santun dan selalu siap membantu. Anak pun ingin seperti ayahnya.

 



Artikel Rekomendasi