Balita Menolak Makan

 

Menginjak usia satu tahun, tiba-tiba balita melakukan ‘gerakan tutup mulut’ alias tidak mau makan. Jangan emosi dulu, pahami mengapa balita susah makan.
 
Hampir semua Bunda direpotkan dengan gerakan tutup mulut seperti ini. Apalagi sudah berbagai cara Anda lakukan sekadar menyuapkan makanan. Mengapa ia susah makan?
 
Lebih asyik main. Balita biasanya mulai bungkam saat sedang asyik dengan mainan di tangannya.  Perhatiannya benar-benar terpusat pada hal yang menurutnya sangat menarik itu. Ia tak mau diganggu dengan aktivitas lain, apalagi makan karena ia harus 'membelokkan' konsentrasi ke makanan.
 
Menguji kesabaran. Ada anak yang melakukan aksi bungkam sebagai salah
satu bentuk perlawanan pada Bunda atau pengasuhnya. Di usia satu sampai dua tahun ini, balita memang sedang berada pada tahap melawan. Larangan untuk melakukan hal tertentu tanpa ia tahu alasannya, membuatnya mencari cara untuk diijinkan. Menurutnya, aksi mogok makannya akan membuat Bunda atau pengasuhnya mengijinkan dan mengabulkan  keinginannya.
 
Pola ini diketahui balita, karena bila ia tidak mau makan, ia boleh melakukan apa saja. Inilah aksi 'balas dendam' balita. Tapi, tak perlu gusar, karena ini salah satu bentuk coba-coba balita. Kemauannya yang kuat, yang juga sudah mulai tumbuh, inilah yang membuat ia mencoba trik ini.

 



Artikel Rekomendasi