Balita Pakai Sepatu Sendiri

 

Belajar memakai sepatu sendiri biasanya bertahap, mulai dari usia 2 hingga 4 tahun. Tentunya dengan bantuan yang tepat dari Anda bisa menstimulasi perkembangan motoriknya hingga akhirnya ia bisa memakai sepatu sendiri.

Pada usia 2 tahun, balita mampu memasukkan kaki. Karena itu, ia senang mencoba sepatu Anda sambil hilir mudik ke sana ke mari. Di usia tiga tahun ke atas, perkembangannya semakin meningkat. Balita bukan hanya bisa memasukkan kaki ke sepatu dengan bantuan tangan, namun ia juga mampu memasukkan kedua kakinya dengan sempurna ke dalam sepatu dan belajar mengancingkannya.

Bantuan tepat. Anda bisa membantu usahanya memakai sepatu sendiri dengan:
  1. Saat usianya 2 tahun, belikan balita Anda sandal atau sepatu model pantovel atau sepatu berperekat velkro. Biarkan ia memasukkan kakinya sendiri, Anda bantu mengancingkannya saja.
  2. Usia 3 – 4 tahun, biarkan ia memakai sepatu berperekat velkro dan mengancingnya sendiri. Bila sepatu terlepas, bimbing dengan sabar untuk memasukkan kakinya lagi.
  3. Belikan sepatu berukuran tepat. Saat dikenakan, cek bagian depan sepatu. Harus ada ruang antara ujung sepatu dengan ruas jari kaki. Jangan sampai jari kaki menekuk sebab akan menghambat pertumbuhan jari kaki balita Anda.

Bimbing dengan sabar, ya Bunda, sampai akhirnya balita Anda bisa menggunakan sepatunya sendiri. Dorongan yang positif akan memacu anak untuk berusaha dan tidak cepat menyerah!

 



Artikel Rekomendasi