Balita Pintar Meniru Suara

 

Suara-suara menjadi pusat perhatian balita 2 tahun. Anak-anak usia ini cepat mengenal beragam suara, bahkan bisa meniru suara yang ia dengar. Kemampuan ini merupakan gambaran dari kecerdasan kognitif terutama memori dan bahasa.

“Brmmm-brmmm. Itu suara mobil minibus! Drmmnm-drmmmm….itu suara truk!” ujar Dody (25 bulan). Tak beda jauh dengan Natasha yang mengenal betul suara favoritnya. “ting-ting-ting, suara pianoku indah,” ujarnya sambil mendendangkan irama seperti tokoh kesayangannya, Elmo.

Bayi memang dibekali kepekaan terhadap beragam rangsang, terutama auditori. Maka tak mengherankan jika balita 2 tahun mampu membedakan rangsang suara yang didengarnya dengan sumber suaranya. Coba tanyakan, “Hayoo..ini suara apa, tik-tok-tik-tok?” Ia menjawab,”Jam”.

Main tebak suara
Kalaupun balita Anda belum terampil atau kurang pengetahuan tentang suara hewan-hewan dan sumber bunyi lain seperti kereta api, deru mobil atau pesawat, Anda bisa melatihnya.

Misalnya, dengan menggunakan laptop, telepon, piano atau mainan bertombol yang ada fitur mengenal suara hewan. Ketika ditekan gambar sapi, keluarlah suara sapi. Ada pula mainan, buku dan permainan lain yang mengeluarkan bunyi untuk mengasahnya.

Latihan memori dan kepekaan menangkap rangsang auditori bisa pula dilakukan dengan cara terbalik Sebutkan nama hewan atau obyek yang punya suara, biarkan ia menebak. Bagus juga main tebak hewan ini disertai ekspresi dan bahasa tubuh yang atraktif. Kegiatan ini asyik dilakukan sebagai jeda saat mengantar tidur, sambil mendongeng atau membacakan cerita.

 



Artikel Rekomendasi

post4

Bermain Mendandani Boneka

Bermain mendandadani boneka akan melatih kecerdasan kognitif, komunikasi dan latihan konsentrasi. Sediakan wahana yang menunjang kegiatan ini.... read more