Balita Sudah Gemar Bergaya

 

Gadis cilik balita Anda yang cantik itu begitu asyik berperan bagai seorang little princess persis yang ia jumpai di buku cerita atau film favoritnya. Ia bangga mengenakan gaun seorang putri, lengkap dengan hiasan rambut dan sepatu cantik.
 
Latihan keterampilan. Anak-anak perempuan di usia ini memang sangat tergila-gila pada salah satu tokoh cerita yang cantik, selalu tampil dengan gaun bagus, disayangi, dilayani dan dihormati  orang-orang sekitarnya.

Memang, tak ada salahnya, ia bermain pura-pura dan merefleksikan pemahamannya akan dunia sekitar dalam bentuk tingkah laku bagaikan seorang tuan puteri. Selain mengembangkan keterampilan intelektual, sosial, dan emosionalnya, anak 3 tahun mengembangkan imajinasinya serta mencoba rasa bagaimana menjadi orang yang dikaguminya.
 
Hadapi dengan bijak. Meski perilaku ini positif, toh harus Anda hadapi dengan bijak. Misalnya, kecenderungan anak minta dilayani terus menerus. Anda dapat mengatakan padanya, seorang putri raja yang baik adalah tuan putri yang tidak manja dan selalu menyuruh-nyuruh orang lain untuk melayani kemauannya. Jelaskan bahwa tuan putri pun bersedia membantu orang lain atau mau dan mampu melakukan tugasnya sendiri.
 
Meski bermain peran ini tidaklah salah, Anda perlu juga mengajak anak tetap menghadapi kenyataan. Misalnya, ketika anak bermain peran little princess  tapi sudah mulai melanggar disiplin, semisal  tidak mau mandi, tidak mau tidur meski hari sudah larut malam, Anda harus mengatakan dengan jelas, “Ibu ingin putri ibu yang cantik ini segera mandi. Mandi dulu, nanti jadi little princess lagi. Kalau tidak mandi, nanti Ade bukan little princess yang cantik dan harum, tetapi little princess yang bau dan tidak cantik dong!”
 
 

 



Artikel Rekomendasi