Balita Suka Mencabuti tanaman

 

Taman bunga Anda adalah magnet yang sangat kuat menyedot perhatian balita. Ia ingin tahu, mengapa warna bunga bisa berbeda-beda demikian pula baunya. Ada misteri apa di balik semua itu?

Aha! Mencabuti tanaman, selama ini belum masuk dalam daftar larangan Anda. Tak salah, bila dengan tenangnya ia mencabuti dan menyobek-nyobek bunga dan daun tanpa merasa bersalah. Malah ia berimajinasi, bunga untuk hiasan rambut dan dedaunan untuk sayur masak-masakan.
 
Risiko: tanaman mati, taman pun rusak, kalau dibiarkan berlanjut maka anak tidak belajar menghargai lingkungan dan orang yang merawatnya.

Tips
 Jangka pendek:
  • Tanyakan langsung apa yang dirasakannya jika benda kesayangannya dimainkan, diambil atau dirusak oleh orang lain tanpa seijinnya.
  • Jelaskan mengapa ia tak boleh memetik tanaman sembarangan. Ceritakan, tanaman butuh waktu lama untuk berbunga. Dari kuncup hingga mekar, bunga juga butuh waktu. Bila selalu dipetik, nanti tidak ada bunga indah di sekitar rumah. Kupu-kupu juga tidak punya makanan.
Jangka panjang:
  • Ajarkan hal-hal yang perlu diketahui sebagai aturan yang berlaku di lingkungan, seperti dilarang membuang sampah sembarangan, tanaman tak boleh dipetik sembarangan
Baca:
Belajar dari Bertanam

 



Artikel Rekomendasi