Balita Suka Menjambak

 

Balita suka menjambak? Perilaku buruk ini harus dihentikan segera. Sama seperti menendang, memukul dan menggigit, menarik rambut orang lain adalah cara anak kecil mengomunikasikan perasaannya, dan cara ia mengendalikan situasi sekitar.

Ada tiga alasan sederhana mengapa anak menjambak:
  • Mengungkapkan perasaan dan mengendalikan lingkungannya atau mencari jalan keluar untuk meniadakan situasi yang tidak menyenangkan. Kosa kata dan kemampuan bicara yang masih terbatas, tidak cukup untuk mengungkapkan rasa kesalnya selain dengan cara menarik rambut. Misalnya sewaktu kegiatan bermainnya diinterupsi karena ia harus mandi, ia marah dan menarik rambut pengasuhnya. Ia berharap, pengasuhnya akan membiarkannya bermain lagi.
  • Mencoba-coba dan mengamati untuk mencari tahu reaksi orang di sekitarnya, apakah caranya efektif untuk mengendalikan lingkungan. Bila cara itu efektif, di lain waktu cara itu bisa diulang lagi.
  • Minta perhatian, saat ia merasa diabaikan. Dengan menjambak rambut pengasuh atau bunda, ia mendapat perhatian berupa reaksi terkejut atau larangan.


 



Artikel Rekomendasi