Balita Tidak Mau Lepas Dari Ibu

 

Balita usia satu tahun tidak mau lepas dari Anda, ibunya. Kemanapun Anda pergi, ia selalu mengikuti, tidak mau lepas. Mengapa begitu?

Belum mandiri. Di mata anak, orang yang mengasuhnya, biasanya ibu, memberi rasa aman dan nyaman ketika ia mengeksplorasi lingkungan sekitarnya. Ikatan emosional antara anak dan ibunya, sangat kuat sehingga balita sepenuhnya tergantung pada Anda. Hal ini bisa dimaklumi karena balita usia 1 tahun memang belum terbentuk kemandiriannya.  

Balita usia 1 tahun selalu ingin melakukan segala sesuatu dengan Anda, atau Anda harus selalu berada di dekatnya. Kecemasan anak muncul saat ia terpaksa jauh dari Anda. Pada saat itu ia merasa sangat sedih dan takut. Itu sebabnya, balita seringkali membuntuti ke mana pun Anda bergerak. Ia berperilaku demikian karena ingin mendapatkan keamanan dan kenyamanan dari Anda.

Ciptakan kenyamanan. Hindari meremehkan rasa cemas anak, namun tak perlu pula Anda ikut cemas. Ciptakan situasi agar balita merasa aman dan nyaman dengan lingkungannya, terlebih saat Anda jauh dari pandangannya.

Beri anak perhatian saat Anda di rumah bersamanya. Ucapkan kata-kata penuh kasih seperti, “Ibu sayang Rafa”. Sebaiknya tak sering-sering mengatakan “kangen” karena kata ini bisa membuat balita merasa bersalah.

Memberi  sentuhan fisik dan situasi yang menyenangkan saat perpisahan bisa menjadi cara untuk meyakinkan balita bahwa ia tetap dicintai dan diperhatikan. Ketika anak masih saja membuntuti Anda, biarkan saja hingga ia benar-benar mandiri. Dukung dan bangun kepercayaan diri balita agar ia menjadi anak yang mandiri. Anda dapat  mengatakan, “Ibu ada di sini. Kelihatan 'kan? Nggak usah takut Nak...”

 



Artikel Rekomendasi