Bekal Anak saat Hadapi Orang Asing

 

Kejahatan terhadap anak-anak bisa terjadi di mana saja. Bekali pengertian kepada anak, apa yang harus dilakukan saat menghadapi orang asing
  • Siapakah orang asing?  Jelaskan pada anak, orang asing adalah orang yang  tidak pernah Anda  kenalkan padanya. Tegaskan, ia tidak boleh bicara dengan orang yang belum kenal.  
  • Kalau orang asing itu baik?  Meski baik, tegaskan anak tak perlu bicara dengan orang asing dan pergi dengannya.  Anak selalu menganggap orang baik selalu berniat baik, tak bisa melihat niat buruk dibaliknya.  
  • Kalau diberi  orang asing mainan atau kembang gula? Anak mudah luluh dengan sesuatu yang ia suka. Jelaskan, apapun yang diberikan orang tak dikenal  tidak boleh diterima karena berbahaya. Anak akan takut, karenanya bicaralah dengan lembut. Yakinkan anak, bahwa Anda orang tuanya, harus melindungi anak dari gangguan orang tak dikenal.  
  • Jika orang asing minta tolong mencari anak kucingnya yang hilang? Siapkan anak untuk berkata “enggak mau”, pada apapun yang dikatakan orang yang belum pernah Anda kenalkan. Beritahu anak, orang jahat suka mengarang cerita untuk menangkap anak.   
  • Bila orang asing itu memaksa? Anak boleh berteriak minta tolong, menggigit atau menendang  orang asing yang memaksanya ikut.

 



Artikel Rekomendasi