Belajar Dari Perayaan 17 Agustus

 

Terlibat dalam aktivitas perayaan seperti ulang tahun kemerdekaan RI 17 Agustus, akan membuat seluruh aspek perkembangan balita terasah. Berbagai kegiatan digelar: pertunjukkan dari warga untuk warga, aneka lomba, karnaval, upacara dan syukuran. Kegiatan apa yang bisa diikuti balita dan apa yang dipelajarinya dari aktivitas tersebut?

  • Perlombaan. Lomba makan kerupuk, mewarnai, menggambar, meniup balon, memasukkan bola dalam kerangjang, bisa dikuti balita. Di ajang tahunan ini, balita belajar sportivitas. Kemenangan penting, namun kebersamaan yang tercipta, sayang jika ternodai oleh kompetisi tidak sehat. Jikapun kalah, tak perlu cercaan. Lebih baik belajar menerima kekalahan dengan besar hati. Sampaikan ini pada balita sebelum ia berlomba, sehingga tidak kecewa berlebihan. 
  • Karnaval. Dorong balita berani ikut karnaval. Minta ia memilih kostum yang ingin dipakainya. Tunjukkan terlebih dahulu buku berisi kumpulan pakaian daerah atau pakaian profesi tertentu, misalnya suster, dokter atau tentara. Kesempatan ini mengasah rasa percaya diri dan keberanian balita untuk tampil.
  • Menghias sepeda. Ajak balita  menghias sepeda roda tiganya menggunakan kertas crape, kerta warna-warni, bunga-bunga plastik, sedotan dan lainnya. Tak ketinggalan bendera merah putih kecil. Minta anak ikut menempel hiasan dan memberi ide area mana yang perlu ditempeli hiasan. Cara ini akan mengasah kreativitas anak ketika ia memikirkan beberapa ide agar sepedanya tampil paling istimewa. Ia tahu sepeda bisa diubah menjadi kapal, pesawat terbang, atau taman bunga.
  • Tampil di panggung. Jika berminat, dorong balita ikut sebagai pengisi acara di atas panggung hiburan. Seperti, menyanyi atau menari bersama. Keberanian balita untuk tampil dan respon positif Anda maupun lingkungan dapat membangun rasa percaya dirinya.  
  • Menonton upacara bendera di TV. Upacara 17 Agustus  selalu disertai dengan menaikkan bendera merah-putih dengan pasukan pengibar,  yang  dihadiri Presiden dan wakil presiden RI, para duta besar serta para Menteri. Anak akan mengenal berbagai tokoh negara. Sambil menonton ceritakan juga pada anak perjuangan pahlawan untuk membuat Indonesia merdeka.  Upacara kenegaraan yang megah dan suasana khidmat akan memupuk  rasa bangga dan cinta bangsa pada diri anak. Perkuat rasa cintanya dengan mengajarkan lagu kebangsaan “Indonesia Raya” dan “Hari Kemerdekaan.”
  • Pasang bendera. Ajak anak memasang bendera di depan rumah. Minta bantuannya mengikat tali bendera pada lubang tiang yang tersedia, hal ini akan melatih koordinasi gerakan mata dan tangan, khususnya keterampilan motorik halus jari-jari tangannya. Minta bantuannya untuk memasang di tiang bendera dan menegakkannya  di tempat yang  tersedia. Anak akan belajar mengenal warna bendera negara kita. Sambil memasang, ajak dia menyanyikan lagu “Bendera Merah-Putih.” (me)



 


Topic

#AkuIndonesia



Artikel Rekomendasi

post4

Latihan Mengikat Tali Sepatu

Mengikat tali sepatu bisa sangat rumit bagi anak lima tahun. Namun kadangkala, bukannya melatih anak, orang tua malah lebih suka membelikan sepatu dengan Velcro. Praktis!... read more