Bermain Buka Tutup Latih Kemandirian

 

Balita yang menyadari dirinya bisa menguasai suatu keterampilan tentu akan merasa senang. Dorong anak untuk membuka dan menutup suatu benda, karena keterampilan ini penting untuk kemandiriannya.

Penutup wadah makanan, pintu kamar dan pintu kitchen set, menjadi sasaran anak usia 1-2 tahun untuk menjadi alat 'belajar'nya. Buka, tutup, buka lagi, tutup lagi. Keterampilan membuka dan menutup wadah atau pintu  ini cukup rumit, melibatkan otot-otot kecil di tangan dan jari yang menghasilkan gerakan halus (grafomotor), dan koordinasi mata. Kegiatan buka-tutup ini meliputi gerakan menarik, mendorong, menekan dan memutar. Luar biasa keterampilan baru buah hati Anda, karena di usia ini terjadi:
  • Berkembangnya telapak tangan, yaitu cekungan di telapak tangan yang bisa disesuaikan dengan bentuk benda.
  • Berkembangnya sendi  pergelangan tangan yang mendukung gerak jari.
  • Kesadaran akan keterampilan jarinya di tangan satunya lagi, yang memberi kekuatan saat ia memegang sesuatu.     
  • Kesadaran tentang bagaimana suatu benda bekerja dan suara yang ditimbulkannya.
  • Pemahaman yang semakin besar tentang konsep ada dan tiada, yakni bahwa yang pergi itu akan kembali.     
Daripada melarangnya membuka dan menutup sesuatu berulang kali, puaskan dorongan balita untuk membuka dan menutup sekaligus melatih ketrampilannya:
  • Membuka dan menutup dengan cara menekan. Sediakan stoples plastik ukuran kecil yang mudah dibuka dengan menekan bagian  yang bertulisan 'push'.
  • Membuka dan menutup dengan cara memutar. Sediakan stoples kecil bekas selai yang penutupnya bisa dibuka dengan cara diputar.
  • Gunakan kardus bekas sepatu untuk menyimpan mainan agar mudah dibuka dan ditutup.  Membuka dan menutup kardus juga diminati anak usia ini. Bukan soal isinya, tapi kegiatan membuka dan menutup yang dia sukai.  
  • Ambil kue sendiri
  1. Masukkan kue kering ke dalam stoples atau wadah yang bertutup.  Pilih yang tutupnya bisa dibuka dengan mudah, misalnya ditekan atau ditarik.
  2. Perlihatkan pada balita isi wadah tersebut dan jelaskan cara membuka tutupnya.
  3. Letakkan di tempat yang mudah dijangkau anak, ijinkan balita mengambil kue dari dalam stoples dengan  membuka sendiri wadahnya lalu menutupnya kembali.
  • ‘Baca’ buku. Ajak anak mengeksplorasi buku.  Gambar-gambar besar dan berwarna dalam buku  sangat diminati anak. Berikan buku  terbuat dari kain dan plastik lunak, ijinkan anak membuka-buka sendiri buku itu. Setelah ia menguasai membuka buku kain atau plastik, berikan buku dari karton tebal agar ia lebih mudah menjumput ujung kertas dan membuka-bukanya.
  • Cash box. Kotak perhiasan bunda yang berpenutup yang sudah tidak terpakai, bisa digunakan anak untuk menyimpan uang mainannya. Buka tutup penutupnya, keluarkan uang dan simpan kembali, memuaskan hasrat balita untuk buka-tutup-buka-tutup. (me)
Baca juga:
Balita Aman Bermain Buka Tutup
Jika Jari Balita Terjepit






 



Artikel Rekomendasi