Bermain Mendandani Boneka

 

Memandikan, dan mendadani bayi, seperti yang Anda lakukan, ditiru oleh balita pada boneka kesayangannya. Biarkan balita memilih berbagai jenis boneka untuk didandani.

Kecerdasan kognitif. Buka tutup kancing dan gaun cantik si boneka, juga menggonta-ganti sepatu. Ia bisa asyik sendiri dalam dunia imajinasi para bonekanya. Begtu pun jagoan cilik Anda. Aksesori bonekanya tak kalah keren dengan mobil sport dan speed boat. Pengamatannya terhadap perilaku orang sekitar dan pengalaman kehidupan nyata diadaptasi si pra sekolah ke dalam permainan pura-pura bersama boneka. Latihan rekontruksi realita ke dalam dunia boneka dan narasi yang dilatihnya bersama teman yang ikut bermain dan dengan para boneka, mengasah kecerdasan kognitif dan ketrampilan komunikasi.

Latihan konsentrasi. Manfaat lain yang bisa diperoleh balita dari kegiatan ini adalah asah ketekunan dan konsentrasi. Demikian pula ketrampilan motorik halus dan imajinasi. Sediakan wahana yang menunjang kegiatannya ini, seperti ruang yang leluasa agar balita bisa menuangkan imajinasinya secara optimal.
Biarkan balita mengajak temannya terlibat dalam permainan, agar ia sekaligus mengasah sosialisasi dan kerja tim.  

 



Artikel Rekomendasi