Cara Balita Mengerti Bahan Makanan

 

Walau bunda dan ayah sibuk bekerja, tetap luangkan waktu makan bersama dengan anak Anda. Dengan makan bersama, anak berkesempatan mengenal makanan yang dimakannya dengan bimbingan Anda.

Kalau kesempatan emas itu datang, Anda dapat mengajak balita belajar banyak hal. Anda bisa mengenalkan kepadanya bahwa apa yang sedang ia makan adalah nasi atau bubur. Kenalkan aneka tekstur seperti bubur yang lembut, ada pisang yang empuk, atau wortel rebus yang lebih keras.

Bila anak sudah mulai bisa diajak bicara, Anda dapat mengembangkan pelajaran selanjutnya. Misalnya, kenalkan nama aneka sayuran dan buah-buahan yang tersaji di atas meja makan. Lengkapi juga dengan pelajaran tentang berbagai jenis warna. Ada pepaya dan jeruk yang berwarna oranye, pir dan nasi yang warnanya putih, pisang yang kulitnya kuning tapi dalamnya putih, dan sebagainya.

Bahkan, bila Anda senang berkreasi, Anda dapat membuat 1001 macam penampilan yang menarik dari makanan yang Anda sajikan untuk anak, sekaligus sebagai media anak Anda belajar tentang berbagai macam hal. Puding jelly aneka warna berbentuk wajah, misalnya, bisa jadi media belajar anak tentang warna dan nama-nama bagian wajah seperti mata, hidung dan mulut.

 



Artikel Rekomendasi