Cara Tepat Melarang Balita 3 - 4 tahun

 

Balita usia 3-4 tahun semakin mandiri dan berani. Pada tahap ini, cara Anda melarangnya tidak bisa sama seperti Anda melarang balita usia 1-2 tahun. Di usia ini Anda pun sudah bisa mengajak balita berdiskusi.

Pada usia 3-4 tahun, balita sudah paham akan adanya sebab-akibat. Ia pun mulai mengerti bahwa perilaku-perilaku tertentu tidak disukai. Anda bisa memanfaatkan situasi ini dengan mengajarkannya berdiskusi dan mengemukakan alasan dibalik larangan Anda. Berikut tips melarang balita 3-4 tahun secara benar:
  • Saat ini, menjadikan diri Anda role model lebih efektif daripada melarang, Konsistenlah memberi teladan perilaku mana yang baik dan yang tidak baik.
  • Diskusikan larangan Anda, luangkan waktu jika balita terlihat ingin bercakap-cakap dengan Anda soal perilakunya atau soal larangan Anda. Itu akan mendekatkan hubungan Anda dengannya dan membuatnya merasa didengarkan dan dipahami.
  • Ajarkan balita mengemukakan pendapat dan perasaannya daripada mengamuk karena dilarang. Jika anak merasa nyaman dengan lingkungannya, ia lebih mudah mengekspresikan diri.
  • Libatkan balita membuat batasan aturan dan jenis-jenis larangan. Tanyakan padanya apa bagaimana cara melarang yang enak dan tetapkan bersama konsekuensi atau hukuman jika ia tetap melanggar larangan.

Dengan melibatkan balita dalam membuat peraturan atau berdiskusi akan membuat balita merasa dihargai dan dianggap sudah besar. Cara ini pun akan mengembangkan keterampilan sosial dan kognitif balita.

 



Artikel Rekomendasi