Cegah Agar Anak Tidak Hipersensitif

 

Balita bisa saja memiliki sifat gampang tersinggung. Bagaimana mencegahnya agar tak menjadi anak yang hipersensitif?

Lena (5 tahun) gampang betul tersinggung. Bukannya berhati-hati dengan perasaan adiknya, si kakak yang duduk di SD justru semakin senang menggoda Lena . Akibatnya Vitri, sang ibu, kerap disibukkan oleh ulah si bungsu yang semakin sering rewel, bahkan tak jarang sedih berurai air mata. Mengapa Lena sangat sensitif dan tampak beda jauh dengan kakaknya?

Kepekaan tinggi. Anak usia sekitar 5 tahun umumnya punya kepekaan lebih tinggi dibanding ketika berada di rentang umur yang lain. Mereka kerap terkesan terlalu peka terhadap kritikan atau godaan teman-temannya. Mereka menjadi temperamental dan suka bersikap murung. Pandangan anak-anak usia ini pun cenderung negatif, sehingga apa saja bisa terlihat salah di mata mereka.

Anak lima tahun biasanya dapat menilai perbedaan dirinya dengan yang lain, sehingga cenderung melihat dirinya tidak sebaik atau sesempurna orang lain, terutama pada bagian-bagian tubuh yang terlihat jelas. Misalnya, lebih gemuk atau kurus.

Selain itu, anak-anak ini biasanya punya harapan yang tidak realistis. Mereka, misalnya, mengharapkan orang lain memperhatikannya terus-menerus. Dengan begitu, jika perhatian orang teralih, mereka kecewa.

Cegah sebelum teranjur. Walau masih wajar, namun kepekaan berlebihan ini tidak dapat dibiarkan berlarut-larut, sehingga anak tumbuh jadi sosok yang hipersensitif. Untuk mencegahnya, Anda dapat melakukan beberapa hal, antara lain:
  • Bangun toleransi anak terhadap godaan atau kritik dengan terbiasa melontarkan godaan ringan di dalam keluarga. Anak yang terbiasa dilindungi dari godaan atau kritik, umumnya tumbuh menjadi anak yang terlalu peka dan mudah tersinggung.
  • Ajak anak berpikir logis dengan mengajarkan bahwa kritikan seorang terhadap aspek tertentu tidak berarti orang yang dikritik buruk secara keseluruhan dan permanen.
  • Perkuat perasaan anak bahwa ia mampu melakukan berbagai hal. Perasaan mampu dapat meningkatkan rasa percaya diri anak, sehingga melawan perasaan pekanya ketika mendapat kritik.
  • Anda sebagai orang tua harus berperan sebagai model yang baik bagi anak. Jika Anda mudah sekali tersinggung dengan kata-kata orang lain, jangan heran bila anak pun jadi anak yang super sensitif seperti Anda!

 



Artikel Rekomendasi