Edutainment Anak Perlu Dukungan Anda

 

Edutainment memberi kemudahan bagi anak untuk belajar sambil bersenang-senang. Anak-anak Anda bisa memanfaatkan program edutainment untuk mendukung perkembangan masa depannya. Dimana peran orang tua ? 
  • Melihat manfaat  program. Apakah program tersebut akan bermanfaat untuk mendukung proses belajar di sekolah ?. Contohnya: program mewarnai gambar, mengenal bentuk dan mengenal binatang, akan bermanfaat untuk anak yang masih TK, karena pengetahuan dasar semacam itu dibutuhkan oleh anak untuk belajar di sekolah.
  • Tentukan tujuan. Pilih program yang mendukung tujuan Kita. Ketika hendak membeli CD, VCD atau CD-ROM, pastikan kita punya tujuan yang akan dicapai oleh anak, saat mereka belajar dari program tersebut. Misalnya Anda ingin agar anak dapat mengenal berbagai bentuk geometri, mengenal berbagai jenis binatang lengkap dengan suara, habitat dan pakannya, dan lainnya.
  • Seleksi dan sensor. Games dan program-program edutainment kerap menyebut diri sebagai program pendidikan yang menghibur. Ternyata belum tentu mengandung program pendidikan, kadangkala hanya untuk hiburan atau game. Padahal program-program edutainment dapat mempengaruhi perilaku anak dan motivasinya, juga interaksi anak dengan orang lain. Sebaiknya Anda lihat dulu isi program sebelum  diberikan kepada anak. 
  • Dampingi anak. Anda tetap dibutuhkan sebagai pendamping. Jangan banjiri anak dengan berbagai program, jangan pula paksakan cara kita kepada anak. Kita hanya dibutuhkan sebagai fasilitator dan pemantau; berapa lama anak kita boleh menggunakan komputer, atau kapan anak harus berhenti. Jangan sampai anak terlena dengan program yang ada. Anak juga perlu istirahat dan menjalani rutinitasnya seperti makan, mandi dan bermain bersama teman-temannya.
     
 

 



Artikel Rekomendasi