Etika Mengeluarkan Suara Tubuh Balita

 

Pada usia 2 tahun anak semakin menyadari keberadaan dirinya, termasuk tubuh, anggota tubuh, gerakan serta suara-suara yang  dikeluarkan tubuhnya. Suara-suara tubuh seperti batuk, bersin, sendawa, cegukan atau keluarnya gas, semuanya bersifat alamiah dan menunjukkan tubuh anak bekerja dengan baik.

Namun demikian, meski alamiah, ada aturan yang disepakati secara universal untuk mengelola dan menyikapi suara-suara tubuh tersebut. Misalnya, ketika batuk  kita harus menutup mulut, atau buang gas tidak boleh di depan umum.

Anak usia 2-3 tahun musti diajarkan tentang suara-suara tubuh, yaitu mengapa suara tersebut terjadi dan yang terpenting, bagaimana etikanya di depan umum.

BERSIN
Apa itu? Bersin adalah cara tubuh mengeluarkan mikroorganisma (bakteri, virus) yang masuk ke organ pernafasan. Caranya, udara, ludah, dan lendir dihentakkan secara kuat oleh tubuh melalui hidung dan mulut. Apa yang keluar itu baik untuk kesehatan anak, tapi tidak untuk orang di sekitarnya, karena orang yang terpercik udara, ludah atau lendir bisa tertular bakteri.  Mikroorganismenya tidak sedikit lho. Menurut penelitian, ada sekitar 100.000 bakteri atau virus yang keluar saat bersin.

Ajari balita untuk…Memalingkan muka ke tempat kosong ketika bersin. Buat suara bersin sekecil mungkin agar kawan-kawannya tidak kaget dan terganggu. Lebih baik tutup mulut dan hidung menggunakan tisu, dan segera buang tisunya, agar bakteri  tidak menyebar ketika tangannya bersalaman.

BATUK
Apa itu?  Batuk salah satu sistem pertahanan tubuh agar saluran napas bersih sehingga anak bebas bernapas. Bisa terjadi karena anak tersedak, alergi atau ada mikroorganisme bersarang di saluran napas.  Jika disebabkan bakteri atau virus, batuk akan membahayakan orang di sekitar anak, sebab percikan ludah dan virus yang keluar bersama batuk menularkan penyakit.

Ajarkan anak untuk… Memalingkan muka ke tempat kosong dan menutup mulut dengan punggung lengan ketika batuk. Jika batuk lama, keluar ruangan atau menjauhlah dari orang. Jangan masuk sekolah jika sakit batuk-flu.

BUANG GAS
Apa itu? Flatus bahasa medisnya, adalah mekanisme tubuh membuang gas hasil pengolahaan makanan di usus. Gas ini baunya tak sedap karena mengandung belerang, semakin bau tergantung jenis makanan yang dikonsumi. Suara kentut yang terdengar, dianggap memalukan.

Ajarkan ia untuk… Pergi ke toilet atau menjauh dari keramaian jika ingin buang gas  Jika tidak sengaja kentut, ucapkan “maaf”.

SENDAWA
Apa itu? Udara dan suara yang keluar dari mulut setelah makan, disebabkan oleh kelebihan gas dari dalam perut, akibat anak menelan udra saat makan (misalnya karena makan sambil bicara) atau karena mengonsumsi makanan yang banyak mengandung gas.

Ajarkan anak untuk… Bersendawa tanpa bersuara –caranya, mulut jangan dibuka saat sendawa- agar gas dari dalam perut keluar.  Ini karena, gas yang masuk lagi ke dalam perut akan menyebabkan kembung. Bila tak sengaja sendawa, ucapkan “maaf”, karena  banyak orang terganggu dengan suara sendawa.

CEGUKAN
Apa itu? Cegukan adalah kontraksi otot diafragma berkali-kali tanpa berhenti, akibat tertutupnya celah pita suara sehingga menghambat udara keluar.  Anak terganggu dengan suara yang dihasilkan? Mungkin saja. Orang lain juga ada yag tak suka menengar suara cegukan orang lain. Tapi, suara tubuh ini tak dianggap memalukan, kok.

Ajarkan anak untuk… Minum segelas air perlahan-lahan  untuk menghentikan cegukan, caranya dengan  mengembalikan kestabilan diafragma secara bertahap.

MENGUAP
Apa itu? Isyarat tubuh tanda kelelahan, terjadi manakala tubuh dan otak nkekuranga oksigen.  Menguap di tengah banyak dianggap menganggu jika menguap lebar mulut tidak ditutup dan bersuara.

Ajarkan anak untuk…Menutup mulut ketika menguap,  menundukan kepala dan tidak mengeluarkan suara. BIla menguap lebar pada waktu yang kurang tepat, misalnya saat bicara dengan teman, ucapkan “maaf”.

(DIN/BDH/ERN)

 



Artikel Rekomendasi