Gugah Selera Anak Dengan Makan Bersama

 

Salah satu cara untuk menggugah selera makan anak adalah dengan mengajaknya ikut dalam acara makan bersama seluruh anggota keluarga. Secara psikologis, acara makan bersama ini merangsang kecerdasan emosi anak.

Menurut Fiona Wilcock, ahli gizi dari Amerika Serikat, makan bersama sekeluarga merupakan ajang bagi anak untuk belajar bersosialisai, sekaligus merupakan kesempatan baginya untuk menikmati kebersamaan.

Wilcock menambahkan, bagi bayi, timbulnya perasaan ikut terlibat dalam aktivitas sehari-hari akan membuatnya merasa senang. Dari acara makan bersama yang ia ikuti, banyak hal yang dapat dipelajarinya, sekali pun hanya melalui kegiatan melihat dan mengamati. Anak bisa belajar tentang cara dan kebiasaan makan dari masing-masing anggota keluarganya.

Untuk itu, sangat dianjurkan menghadirkan anak pada acara makan bersama. Dengan begitu, ia akan merasa dibutuhkan oleh kelurga karena ia termasuk dalam anggota keluarga. Anak tidak selalu harus makan menu utama yang disajikan.

Melalui acara makan bersama keluarga ini, emosi-emosi positif pada anak dapat ditanamkembangkan, dan ini akan memperkuat tali kekeluargaan. Jadi, jelaslah mengapa melalui sepiring nasi beserta lauk-pauk yang disajikan, kelak anak akan memahami warna-warni kehidupan, seperti halnya warna-warni lauk-pauk yang ada di dalam piringnya.

 



Artikel Rekomendasi