Jika Anak Berinisiatif Disapih

 

Kegiatan menyapih ternyata tidak hanya dilakukan atas inisiatif para bunda, anak juga bisa menyapih dirinya sendiri. Anak menyapih dirinya sendiri dengan cara mengurangi frekuensi menyusu secara bertahap sampai akhirnya dia berhenti sama sekali.

Diatas 18 bulan. Anak usia 18-24 bulan sudah bisa menyapih diri sendiri. Namun, menurut Dr. Jack Newman, pendiri Klinik Menyusui Newman di Toronto, Kanada, menyapih diri sendiri bukan hal yang umum terjadi bila bayi usia dibawah 12 bulan. “Biasanya ada pemicu lain, seperti berkurangnya produksi ASI, sehingga anak sepertinya tidak mau menyusu lagi," katanya. 

Anak mulai tahu kebutuhannya. Menyapih diri sendiri, dikatakan sebagai cara yang terbaik karena anak sendirilah yang mengetahui kapan dia masih butuh ASI atau tidak. Biasanya sebagian besar kebutuhan nutrisinya sudah diperoleh dari makanan padat yang ia konsumsi sehari-hari, dan dia juga biasanya sudah bisa minum dari gelas sendiri. Namun, Anda harus bisa membedakan antara menyapih sendiri dengan mogok menyusu.

Bertahap. Menyapih sendiri dilakukan secara perlahan selama beberapa minggu atau bisa memakan waktu hingga beberapa bulan, sementara mogok menyusu terjadi secara tiba-tiba, anak langsung tidak mau menyusu karena ada masalah seperti infeksi sinus, cedera dan lain-lain.

 



Artikel Rekomendasi