Jika Anak Jadi Kolektor

 

Perkembangan balita Anda yang terus berkembang cepat, terkadang membuat Anda terkejut sekaligus bangga. Kini, anak Anda hobi koleksi berbagai barang dan tak perlu dilarang

Ada banyak kegiatan dalam rangka mengumpulkan koleksi yang bisa jadi ajang bersama keluarga. Kegiatan mengoleksi anak Anda ini tak boleh diabaikan karena menjadi bagian belajar di usia mereka. Apa yang bisa Anda lakukan?
  • Mengunjungi tempat-tempat yang berkaitan dengan benda koleksi. Seandainya anak Anda mengumpulkan dedaunan kering, ajaklah ia mengunjungi herbarium, misalnya seperti yang ada di Bogor. Dengan demikian anak dapat menilai dan mengaitkan benda koleksinya dengan benda serupa di luar sana.
  • Mengunjungi pameran. Misalnya, anak suka mengumpulkan buku, ajaklah ia ke pameran buku bersama-sama. Ini juga salah satu cara belajar mengaitkan benda koleksi dengan kumpulan benda-benda sejenis dalam kelompok yang lebih besar.
  • Buatlah musium mini. Ini kegiatan bersama keluarga yang sangat mengasyikkan. Ajak anak mengelompokkan benda koleksinya dalam berbagai kategori, lalu ajarkan ia melabel dan menyusunnya secara rapih. Sediakan sebuah sudut kecil sebagai museum mini tersebut.
  • Mencari referensi. Cari informasi tentang benda yang dikoleksi oleh anak Anda. Bisa dengan mencarinya dari buku ensiklopedi, browsing di internet, atau dari organisasi pengkoleksi benda sejenis.

 



Artikel Rekomendasi