Jika Balita Mengembangkan Ego

 

Si empat tahun memang tengah giat mengenali diri dan mengembangkan ego. Dengan begitu, bersikap plinplan, merupakan salah satu cara untuk menyatakan ia punya kemauan.

Ia ingin tahu bagaimana ia boleh melakukan sesuatu dan sejauh mana tidak boleh, serta mencari tahu yang paling diinginkannya. Jadi, Anda harap maklum! Tak perlu bereaksi berlebihan karena memang itulah perkembangan anak di usia ini

Namun, kehebohan bisa saja terjadi. Ketika Anda sedang sibuk, si empat tahun justru minta Anda yang menemani. Di lain waktu, ia mengamuk karena menolak menghabiskan waktu bersama pasangan Anda. Tak perlu panik! Tenang dan beri kesempatan pada pasangan.

"Sayang, kamu sama ayah dulu, ya! Ibu selesaikan tugas satu ini. Hari ini giliran ayah menemani tidur. Bersama ayah asyik, lho. Dongengnya seru, diperagakan pula," Anda dapat menghibur demikian. Tetapi ritual sebelum tidur seperti memeluk atau mengecupnya, jangan ditinggalkan.

Selain melakukan pembagian tugas yang adil dengan pasangan, Anda pun perlu membuat pembelaan ketika pasangan ditolak anak. Menjelek-jelekkan pasangan hanya membangun konflik loyalitas anak dengan ayah-ibu dan berakibat buruk pada bonding dan persepsi anak. Sebab, pada dasarnya, anak cinta kedua orang tuanya. Apa yang anak lakukan, sekadar menguji diri sendiri dan orang tuanya.

 



Artikel Rekomendasi