Kembangkan Imajinasi dengan Tebak-tebakan

 

Main tebak-tebakan buat anak usia ini sangat menyenangkan. Bermain tebak-tebakanang sekilas sepele ini ternyata mampu mengembangkan imajinasi anak. Seru!

Sudah hampir sebulan ini Riri sangat senang main tebak-tebakan. Awalnya, sang ayah mengajak Riri main tebak-tebakan karena Riri bosan menunggu ibunya yang harus kerja lembur hingga malam. Tak dinyana, Riri jadi ketagihan.

Mahir berimajinasi. Keterampilan berimajinasi dan mengungkapkan ide secara verbal, merupakan landasan dari permainan tebak-tebakan. Perbendaharaan kata yang sudah mencapai lebih dari 1.500 kata, memungkinkan anak usia ini merangkai cerita.  Juga ketika merangkai kalimat untuk membuat sebuah teka-teki.

Keterampilan berimajinasi anak usia ini juga berkembang dengan baik. Membayangkan sebuah benda dengan ciri tertentu, mengingat namanya dan mengucapkan kembali secara tepat, merupakan proses yang  rumit. Itu semua dapat dengan mudah dicapai oleh anak Anda bila ia juga punya kesempatan untuk mengenali sebanyak-banyaknya benda di sekitarnya.

Apa yang dapat Anda lakukan dengan si lima tahun ini? Jauh sebelum ia mulai gemar tebak-tebakan, berikan pengalaman pada anak Anda sebanyak-banyknya. Mengenali nama, bentuk dan warna buah, nama dan suara binatang serta cirinya dapat menambah perbendaharaan kata dan pengetahuan anak.

Dengan bermain tebak-tebakan ini, anak Anda sebetulnya sedang menguji otaknya. Ia mencoba membayangkan sebuah benda yang sudah dikenalnya, kemudian mengingat bagian-bagian serta sifat benda tersebut. Setelah benda itu jelas bentuk dalam benaknya, ia mencoba merangkai kalimat yang baik agar lawan bicaranya punya gambaran yang jelas tentang benda yang ia maksud.

Tanggapi dan berikan waktu. Main tebak-tebakan membuat Anda bosan. Tapi inilah tahap yang sedang dijalani anak Anda.  Cobalah bersabar menanggapi keinginan si kecil untuk bermain tebak-tebakan yang kadang-kadang terasa konyol. Karena Anda  sedang membantu anak mengembangkan imajinasinya dan membantunya kian fasih berbicara.  

 



Artikel Rekomendasi