Kenalkan Balita Pada Buku

 

Walau masih jauh saatnya  balita dapat membaca buku sendiri, namun, tepat untuk mulai mengajaknya suka buku sedari dini. Anda bisa membelikan balita buku sesuai usianya.

Di mata balita, sebuah buku menyajikan beragam keasyikan terutama ketika mengamati bermacam gambar dengan warna-warni yang menarik. Walaupun pada usia ini  balita belum bisa membaca, namun balita akan berusaha mencocokkan apa yang tersaji di gambar dengan apa yang ada di sekelilingnya.

Ia akan semakin senang ketika Anda membacakan tulisan-tulisan di bawah gambar. Ia baru tahu kumpulan coret-coretan aneh itu memiliki arti tertentu. Jangan heran kalau balita dua tahun akan meminta Anda menceritakan kisah yang sama berulang-ulang. Dengan memori yang masih terbatas, ia berusaha merangkai cerita yang didengarnya.

Jika buku tersebut telah Anda bacakan berulang-ulang, Anda bisa memenggal kalimat-kalimat dan meminta  balita menebak kalimat selanjutnya. Ini dapat merangsang keinginan anak menggantikan peran Anda sebagai si pendongeng untuk beberapa saat dengan menceritakan kembali kisah dalam buku tersebut.

Ketika Anda ingin membelikan balita buku, pilihlah buku yang memiliki lembar kertas tebal sehingga tidak mudah robek, berisi gambar-gambar besar dan utuh dengan warna-warna cerah. Ceritanya tentang kejadian sehari-hari, sederhana, dan mudah dipahami.

Ajak anak secara berkala ke toko buku dan sesekali minta dia memilih buku yang diinginkan. Letakkan buku-buku balita dua tahun di tempat yang mudah dijangkau. Buatlah jadwal teratur untuk membacakan buku-buku itu, dan minta anak mengambil buku yang ingin Anda bacakan untuknya.

 



Artikel Rekomendasi