Kiat Meredam Trauma Anak

 

Untuk memudahkan anak mengatasi trauma anak karena suatu kejadian, kita perlu memberinya rasa aman. Memeluk, memberi kehangatan dan meyakinkan anak bahwa semuanya baik-baik saja, merupakan cara-cara memberi rasa aman bagi anak.

Rasa aman anak-anak perlu ditumbuhkan agar mereka tidak terus menerus menyimpan kecemasan. Katakan pada anak bahwa semuanya baik-baik saja. Jadikan juga kesempatan itu untuk mengajarkan empati dan menanamkan nilai agama.

Menghadapkan anak pada kenyataan merupakan cara yang digunakan Helen untuk membantu anak menumbuhkan rasa aman dari dalam diri anak. Itu bukan perkara mudah. Orang tua dan guru kerapkali tidak menyampaikan kenyataan yang ada sesuai porsi anak. Orang tua menganggap suatu hari nanti ingatan akan peristiwa itu akan hilang dengan sendirinya. Padahal belum tentu.

Memang orang tua tidak bisa menjamin kejadian traumatis pada anak tidak akan terulang. Secara perlahan, berikan pengertian pula bahwa rasa aman tidak melulu datang dari orang tua, guru atau teman. Kalau tidak ada orang tua, tidak ada guru dan tidak ada teman, anak haruslah yakin bahwa Tuhan melindungi mereka.

 



Artikel Rekomendasi