Kuat di Musim Influenza

 

Bunda selalu punya kiat agar anak tidak ikut tumbang di musim penyakit. Dokter dr. ALAN TUMBELAKA, SpA(K) akan menganalisa kiat bunda Yoshidara Puri Habsan (38), Project Executive,  agar Kay (2) kuat di musim influenza.

Sepanjang tahun, selalu saja ada musim influenza dan penyakit ini cepat sekali menular. Begitu ada satu orang di rumah kami yang sakit influenza, tidak berapa lama kemudian, semua ikut "tumbang". Bila teman Kay sakit, saya akan berusaha mencegah anak saya tertular dengan cara absen dulu bermain dengan teman yang sakit tersebut. Tetapi kalau orang di rumah yang sakit, perlu usaha ekstra untuk melindungi Kay. Cara saya:
  • Orang di rumah yang terkena influenza, saya minta mengenakan masker dan mengkarantina diri untuk meminimalkan penyebaran influenza.
  • Memastikan Kay mengonsumsi makanan bernutrisi lengkap dan seimbang - untungnya dia tidak pilih-pilih makanan. 
  • Memberi suplemen vitamin dan susu yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Memperkenalkannya pada kebiasaan mencuci tangan dengan sabun. Karena, rajin mencuci tangan salah satu cara ampuh menghambat penyebaran virus-virus influenza. 
  • Membiasakan anak aktif bergerak tetapi tidak sampai kelelahan, yaitu diimbangi dengan tidur yang cukup.
Penilaian dokter:   
Flu adalah penyakit musiman. Di negara dengan empat musim, epidemik influenza berlangsung pada musim gugur dan dingin, sekitar bulan Oktober sampai Maret. Sementara di negara tropis, seperti di Indonesia, penyakit influenza berlangsung sepanjang tahun, puncaknya terjadi pada musim hujan. Virus influenza menyukai daerah kelembaban yang rendah ditambah dengan temperatur rendah. Saat pergantian musim juga sering merebak influenza karena menurunnya daya tahan tubuh menghadapi cuaca yang berubah-ubah.
Ada tiga tipe influenza musiman, yaitu tipe A, B dan C. Dari ketiga tipe virus tersebut, virus tipe A paling banyak menjangkit orang. Saat ini virus tipe A(H1N1) dan A(H3N2) adalah jenis virus yang bisa menular langsung antar manusia. Beberapa tindakan pencegahan influenza yang dilakukan ibu di atas, sudah tepat. Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan dalam pencegahan penularan influenza adalah:
  • Segera buang tisu yang digunakan untuk menutup mulut dan hidung ketika Anda batuk atau bersin.
  • Hindari menyentuh mata, hidung atau mulut karena kuman menyebar lewat sana.
  • Pemberian vaksin, cara paling efektif untuk mencegah penularan influenza.

Foto/Dokumentasi - Ayahbunda


 



Artikel Rekomendasi