Latih Anak Masih Canggung, Jangan Tunggu Sampai Besar!

 

Jika anak masih sering canggung, jangan tunggu sampai ia masuk sekolah untuk melatihnya. Usia 2-3 tahun adalah  usia paling bagus untuk mengajarkan berbagai ketrampilan. Beberapa aktivitas penting dilatihkan pada anak agar ia tidak canggung melakukannya.
  • Kesadaran spasial, dengan merangkak di dalam terowongan. Buatkan terowongan dari kardus-kardus besar, buka setiap ujungnya hingga membentuk terowongan. Melakukan permainan ini, balita akan mengembangkan kesadaran spasial dan mengembangkan koordinasi tubuh.
  • Berlari. Kegiatan yang mengandalkan kekuatan otot kaki untuk mengangkat tubuh melawan gravitasi bumi, kemudian mendaratkan tubuh tanpa jatuh.
  • Melompat, mengangkat tubuh, kemudian mengikuti gravitasi saat mendaratkan tubuh, tanpa jatuh.
  • Memanjat, anak mengandalkan kekuatan lengan. Ia melawan gravitasi dengan mengangkat tubuhnya untuk naik ke ketinggian. Dpat dimulai dari memanjat kursi. Biasanya anak usia ini sangat suka memanjat teralis jendela, berpura-pura jadi Spidermen. Tak perlu dilarang, awasi saja jangan sampai ia jatuh.
  • Berdiri di atas satu kaki, menopang berat tubuh hanya dengan kekuatan satu kaki. Ini penting agar anak Anda bisa mengenakan celananya sendiri.
Aktivitas seperti merangkak, berlari, melompat dan memanjat sangat diperlukan balita kelak, dalam usahanya menyelamatkan diri dari berbagai kemungkinan bahaya. Mislanya berlari, melompat dan memanjat ketika pada suatu hari Anda musti menyelamatkan anak Anda dari kejaran anjing. Merangkak, memabntu anak Anda melewati rintangan.

Balita Masih Serba Canggung

 



Artikel Rekomendasi