Lebih Baik Bermain Bebas atau Terstruktur?

 

Ada yang berpendapat, bermain bersama batita lebih baik dilakukan secara terstruktur. Ada juga yang menyarankan bermain bebas (free-form play). Pada kenyatannya, bermain terstruktur dan bebas, sama-sama bermanfaat.

Bermain terstruktur. Permainan yang termasuk dalam aktivitas terstruktur adalah menyusun gelang warna-warni, menyusun balok dan lainnya. Kegiatan ini membantu mengajarkan anak tentang beragam ukuran besar-kecil dan warna benda. Tak lupa membangun pemahaman balita terhadap sequens atau urutan. Gagasan utama dari kegiatan terstruktur seperti ini adalah membiarkan balita belajar dari pengalamannya mengamati dan mencoba sendiri. Dengan menyusun secara berbeda, hasil yang akan diperoleh anak akan berbeda juga.

Bermain bebas. Bermain secara bebas akan memberikan kesempatan bagi balita untuk berkreasi dengan mainan dan kesempatan yang ada. Dengan balok dan gelang warna-warni, Anda dan balita dapat melakukan permainan pura-pura. Gelang warna-warni bisa dijadikan “donat” makanan favorit boneka kesayangannya. Demikian pula dengan balok warna-warni. Dengan demikian mainan dan kegiatan bermain membantu balita memahami konsep dan gagasan dengan lebih menarik.   

 



Artikel Rekomendasi