Melatih Anak Mengingat Nama Sendiri

 

Ada sederet cara untuk meningkatkan kemampuan untuk mengingat yang membuat anak tiga tahun mampu menyebut namanya secara lengkap, juga usianya kini.

"Namanya siapa?" tanya teman Anda pada anak Anda. Dengan mantap ia menjawab, "Sabrina Fatmawati". "Umurmu berapa?" tanya teman Anda lagi. "Tiga tahun," jawab anak Anda. Wah, Anda pasti bangga sekali mendengarnya.

Pesatnya perkembangan kognitif. Pada usia sekitar tiga tahun ini, perkembangan kognitif anak sedang berkembang pesat. Saat Anda memberitahu namanya, indera pendengar anak merekamnya untuk kemudian menyimpan data tersebut dalam ingatan jangka panjangnya. Dan ketika ditanya seseorang, dengan cepat ia akan membuka file dan menjawab pertanyaan dengan sempurna.

Kemampuan menyebutkan nama secara lengkap berikut usianya ini sangat bergantung pada stimulus yang Anda berikan. Jika ia tidak pernah mendengar nama lengkapnya, mana mungkin ia mampu menyebut namanya, bukan?

Daya ingat dan perhatian. Agar anak tiga tahun dapat menyebut nama lengkap serta umurnya dengan percaya diri maka ia perlu diberitahu dan diajak mengingatnya. Tidak sulit bagi Anda mengajarkan hal ini. Karena, saat ini kemampuan anak mengingat sedang dalam puncaknya. Berikut hal-hal yang perlu Anda lakukan:

  • Latih anak untuk memusatkan perhatian. Karena, kemampuan mengingat seseorang ditentukan oleh kemampuan saat memusatkan perhatian, yang meningkat di usia 1-3 tahun.
  • Bila nama lengkap anak cukup panjang, misalnya terdiri dari empat kata, mulailah dengan menyingkatnya. Misalnya, nama lengkapnya Tamara Fajar Kartika Sari, bisa Anda sebutkan dahulu dua nama terdepannya: Tamara Fajar. Lakukan pengulangan sampai ia hafal. Beberapa waktu kemudian barulah tambahkan dua nama belakangnya.
  • Untuk usia, anak cenderung menyebutkan angka yang ia ingat. Dua, misalnya. Jadi, kalau ditanya usianya, anak cenderung menyebutkan angka tersebut. Anda tak perlu buru-buru mengoreksinya. Latih terus anak untuk menyebutkan usianya yang tepat.

 



Artikel Rekomendasi