Mengembangkan Imajinasi Balita

 

Coba lihat, meski main-main, anak sungguh-sungguh lho ketika ia mengekspresikan suatu peran seperti di kehidupan nyata.

Masih menyimpan baju lama Anda? Jangan dibuang! Dengan sedikit imajinasi anak yang baru dua tahun bisa memanfaatkannya untuk bermain. Ada banyak permainan bisa dilakukan bersama. Tentu banyak manfaat yang bisa didapatkan. Nah, coba saja! Anak Anda pasti gembira menikmatinya!

Merangsang imajinasi. Cindy kini berusia dua tahun. Ia suka sekali memakai kalung mamanya, Alia. Setiap hari ada saja kotak perhiasan yang dibuka-buka. Ada satu kalung warna-warni yang selalu diambil dan dikenakannya.

Awalnya, Alia selalu marah melihat ulah Cindy. Namun lama-kelamaan ia memaklumi. Suatu ketika Alia membuka kembali koleksi baju lamanya. Dengan riang Cindy mengambil baju dan mencobanya. Ternyata ia sangat menikmati. "Aku jadi putri raja. Kamu jadi tukang kudanya," kata Cindy pada kakaknya, Cleon.

Meski sepertinya hanya anak perempuan yang menyukai bermain kreatif dengan baju-baju, namun ternyata anak laki-laki pun suka. Kemeja tua ayah, kacamata, topi dan sepatu tua dapat menjadi barang yang menyenangkan untuk dieksplorasi. Entah dikenakan untuk menjadi raja, menjadi turis, atau arsitek seperti papa, merupakan permainan menyenangkan bagi si dua tahun yang gemar mengeksplorasi imajinasinya.

Anak dua tahun memang gemar meniru orang lain dan apa saja yang dilihatnya. Ia senang menirukan bagaimana singa mengaum, kambing mengembik, anjing menggonggong, atau kucing mengeong. Maka, jangan heran kalau permainan imajinasi sangat diminatinya.

 



Artikel Rekomendasi