Mengenalkan Anggota Tubuh

 

Pada usia 1-2 tahun, balita sedang mengembangkan rasa ingin tahu termasuk mengenali anggota tubuh. Didukung keterampilan bicaranya, balita 2 tahun umumnya dapat menyebutkan nama bagian tubuhnya dengan lancar. Pengenalan anggota tubuh ini diawali oleh sentuhan awal mereka terhadap wajah bundanya saat bayi. Kembangkan kemampuan kenal tubuh ini lewat berbagai kegiatan keseharian.
  • Menyanyi “Dua Mata Saya”, “My Eyes, My Ears, My Nose”, atau “Head and Shoulder”. Sambil menyanyi lagu ini, tunjuk bagian-bagian tubuh Anda sekaligus mengajarkan koordinasi.
  • Ngobrol dan tunjuk bagian tubuh Anda atau bagian tubuh anak, kemudian sebutkan namanya.
  • Bandingkan hidung Anda dan hidung mungil si kecil dengan mengatakan 'lebih besar' dan 'lebih kecil' untuk mengajarkan tentang perbedaan.
  • Jelaskan fungsi setiap anggota tubuh dengan pengucapan yang benar. Misalnya, saat ia menunjuk hidung, katakan, ”Hidung untuk mencium.”
  • Elus-elus rambutnya saat tidur bersama si kecil, dan katakan bahwa rambutnya berwarna hitam dan lebat. Kemudian pegang tangannya sambil berkata,“Tanganmu kuat. Untuk memegang, lho, tidak untuk memukul.”
  • Mandi bersama si kecil. Inilah saat tepat mengenalkan perbedaan anggota tubuhnya dengan anggota tubuh Anda, baik jenis kelamin maupun perbedaan tubuh anak dengan orang dewasa.
  • Bermain dengan cermin. Gunakan cermin agar si kecil dapat melihat seluruh tubuhnya dengan jelas. Tempelkan sebuah stiker di kakinya, lalu tanya, “Di mana ya, Bunda menempelkan stiker?” Minta ia mencari stiker yang ditempelkan di bagian tubuhnya. Saat ia menemukannya dan mengatakan, ”Stiker ada di kaki!”, beri pujian bahwa ia dapat mengenali nama bagian tubuhnya dengan baik.
  • Main tebak-tebakan, dan jelaskan fungsi anggota tubuh yang tertebak. Setelah si kecil tahu nama bagian-bagian tubuhnya, ia juga perlu tahu cara memelihara kesehatan tubuhnya. Ajarkan anak tentang pentingnya merawat bagian-bagian tubuhnya sendiri dengan cara yang mudah sesuai usianya, seperti cuci tangan dan kaki setelah bermain, sebelum makan dan tidur. Menggosok gigi setelah makan dan sebelum tidur malam. Mandi dan cuci rambut secara teratur. Nonton dalam jarak yang tidak terlalu dekat untuk menjaga kesehatan matanya atau mendengarkan musik tidak terlalu keras agar tidak memekakkan telinga.

 



Artikel Rekomendasi