Mengenalkan Konsep Empati

Mengenalkan Konsep Empati Ayahbunda.co.id
Image by : Dokumentasi Ayahbunda
Lebaran bisa Anda gunakan untuk memperkenalkan konsep empati lewat berbagi. Ajak anak mengunjungi tempat-tempat sosial seperti panti asuhan untuk menyerahkan bantuan.

Memasuki usia 5 tahun, egosentrisme anak mulai memudar. Perlahan-lahan ia tak lagi merasa dirinya pusat dunia. Anak semakin menyadari bahwa orang-orang di sekelilingnya memiliki pikiran dan perasaan yang berbeda darinya.

Mulai peduli. Perlahan ia mulai belajar bahwa tindakannya bertimbal balik dengan lingkungannya. Jika ingin disukai teman karena baik hati, ia harus berbaik-baik pada teman-temannya. Kedekatan balita dengan lingkungan teman sebaya meningkatkan kepeduliannya pada orang lain dan meningkatkan kepekaannya dan perasaan teman-temannya. Meski masih dalam taraf sederhana. Jika melihat temannya bersedih, dia akan mendekati dan menanyakan apa yang membuatnya sedih.

Ajak berbagi. Berkembangnya kepekaan balita terhadap lingkungan sosialnya memudahkan Anda mengajaknya berbagi. Ajak anak berkeliling ke tempat-tempat kumuh atau panti asuhan, dan tanyakan pendapatnya apa yang dapat dilakukannya untuk menolong mereka.

Jika belum punya ide, Anda dpaat mengusulkan untuk menyisihkan pakaian atau mainanya yang masih baik untuk disumbangkan. Selain itu balita juga dapat diminta keikhlasannya menyisihkan sedikit uang dari tabungannya untuk membeli bahan makanan yang akan dibagikan saat berbuka puasa atau lebaran bagi yang membutuhkan. Ajak dia menyerahkan sendiri bantuan itu, dan melihat senangnya anak-anak kurang beruntung menerima pemberiannya. Cara-cara ini bisa meningkatkan empati anak, dan merasa diri bermanfaat bagi orang lain. Perasaan ini dibutuhkan untuk memperkaya batin balita. (me)



Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda

>  Seni Memberi Nama Anak   37834   
>  Buang Stres Saat Hamil!   24095   
>   Penularan AIDS Pada Bayi   20439   
>  2 Jenis Senyum Bayi   17392   
>  Balita Hobi Tampil   10990   

 
 border=
Susu Kehamilan
Apakah Anda mengonsumsi susu khusus ibu hamil, sebelum hamil?
Ya
Tidak