Mengenalkan Warna Pada Balita

 

Mengenal warna berlangsung bertahap dan berkaitan erat dengan perkembangan penglihatan balita.

Nama warna
. Anak yang perkembangannya normal, biasanya sudah bisa mengenal perbedaan warna sejak usia 18 bulan. Pada masa itu ia mulai mengenali persamaan dan perbedaan bentuk, ukuran, dan tekstur. Namun, baru pada usia 3 tahun, anak mulai benar-benar kenal warna.
Penelitian Dr.Nikki Pitchord dari Universitas Nottingham, Inggris dan Dr.Kathy Mullen dari Universitas McGrill, Kanada tentang perkembangan kognitif warna menemukan bahwa anak usia 3 tahun bisa menyebutkan warna merah, oranye, hijau, biru, ungu, merah muda, hitam dan putih dengan benar. Namun, anak-anak membutuhkan waktu lebih lama untuk menyebutkan warna cokelat dan abu-abu dengan benar.

Belajar warna.
  • Mengenalkan balita pada warna dimulai dengan warna-warna primer, yaitu merah, kuning dan biru. Setelah itu, baru Anda mengenalkannya pada warna-warna turunan tiga warna tersebut, seperti hijau, merah muda, oranye dan lain-lain.
  • Jika Anda ingin mengenalkannya dengan suatu warna baru, gunakan satu hari khusus untuk mengulang-ulang warna itu. Anda bisa mengajaknya belajar warna saat bermaian puzzle atau playdough, mewarnai dengan krayon, atau ketika mengenalkan obyek-obyek di buku yang sedang dibaca.
  • Bila balita salah menyebutkan warna ungu menjadi biru, jangan menyalahkannya. Sebaliknya Anda beritahu nama warna yang benar dengan cara yang menyenangkan.
     

 



Artikel Rekomendasi