Menghargai Dengan Terima Kasih

 

Ucapan "terima kasih" sangat bermakna bagi yang menerimanya karena merasa dihargai. Jangan sungkan mengatakannya dan ajak balita Anda fasih mengujarkannya.

"Tima kacih, Ayah." Walau belum diucapkan sempuerna, semua orang pasti senang mendengar ucapan balita Anda yang baru saja bisa bicara ini. Rasanya dunia ini menjadi tempat yang nyaman bila semua orang bersikap sopan dan saling menghargai. Karena itu, ajarilah si anak berterima kasih.

Ajarkan sejak kecil. Hal paling penting untuk mengajar anak berperilaku sopan adalah menjadi model yang baik. Anak usia balita belajar dengan cara mengamati dan meniru. Jadi, kalau Anda bersikap sopan terhadap pengasuh, anak pun akan sopan pada pengasuhnya.

Menurut seorang psikolog perkembangan, bila Anda ingin melihat siapa diri Anda, lihatlah anak Anda yang berusia dua sampai empat tahun.  Kalau Anda selalu mengucapkan "terima kasih" saat menerima sesuatu, anak pun akan meniru.

Belajar tata krama sama seperti belajar memainkan alat musik. Awalnya, kacau dan tidak menemukan nada yang tepat. Tetapi dengan latihan terus menerus dan diulang-ulang disertai pujian tepat, anak akan terbiasa mengucapkan terima kasih tanpa perlu diingatkan lagi.

 

 



Artikel Rekomendasi