Mengoleksi Sebagai Proses Belajar

 

Apabila anak Anda mulai mengoleksi benda-benda sebagai salah satu proses belajar di usianya, Anda perlu mengenalkan beragam benda di sekitar yang belum dikenalnya.

Tetapi apabila anak Anda masih suka memasukkan benda ke dalam mulut, maka perkenalkan benda-benda yang tak menimbulkan bahaya apabila dimasukkan ke dalam mulut.

“Balita senang mengumpulkan dedaunan kering yang terjatuh, bebatuan dalam berbagai bentuk, kulit kerang, buah pinus dan benda lainnya dari alam. Ini bisa Anda kumpulkan sambil berjalan kaki di di bawah pepohonan rindang atau saat sedang ke pantai,” saran Robinson.Tentu saja, karena di Indonesia, lingkungan kita kurang terlalu bersih, selalulah mencuci dan membersihkan apa yang hendak dikumpulkan yang berasal dari luar rumah.

Benda lain yang bisa diperoleh anak dari sekitar tanpa selalu perlu membeli adalah kartu pos, perangko, bungkus permen atau coklat. Yang bisa diperoleh kadang-kadang dengan membeli adalah stiker, pembatas buku dekoratif, kartu-kartu bergambar, kertas kado dan lainnya.

Setelah menemukan jenis benda yang hendak dikumpulkan, Anda perlu menyediakan wadah untuk menyimpannya. Bisa berupa container kecil, album, buku tebal, atau keranjang. Melalui kegiatan mengoleksi ini, Anda juga bisa mengajarkan si kecil kebiasaan merawat dan membersihkan benda. Jadi secara berkali, ajaklah anak mengeluarkan benda koleksi dan membersihkannya.

Di samping itu, mengoleksi benda memberi Anda kesempatan mengajarkan beberapa nilai dan perilaku secara mudah. Misalnya, bertanggung jawab dalam membelanjakan uang jajan. Seandainya ia hendak membeli benda koleksi ajaklah ia menabung terlebih dahulu, dan tidak langsung memenuhi permintaannya. Motivasi si balita untuk memperoleh benda koleksi dengan daya-upaya sendiri. Demikian pula ketika hendak saling bertukaran dengan sesame teman yang juga pengoleksi.

Dengan mengoleksi benda, anak juga belajar cara menjaga kerapihan, dan memelihara benda koleksi. Juga menghargai orang lain, misalnya saat bertukar benda koleksi. Demikian pula dalam ketelitian dan kecermatan, anak-anak yang suka mengoleksi biasanya jeli membedakan benda koleksi yang satu dengan yang lain.

 



Artikel Rekomendasi