Mulai Risih Tanpa Busana

 

Risih tanpa busana menunjukkan berkembangnya rasa malu pada diri anak. Di samping itu, ia juga perlu keterampilan self help agar mampu bebenah sendiri di toilet.

"Mama tutup dong pintunya!" ujar Nino pada mamanya suatu saat ketika ia masuk toilet. Ibunya hanya tersenyum sambil berpesan, "Jangan lupa cuci tangan dan tekan tombol flush, ya."

Mulai secara individual. Rasa malu atau risih terlihat tanpa busana tidak muncul di usia yang sama pada setiap anak. Namun, secara umum di usia lima tahun, anak menyadari bahwa terlihat tanpa busana di depan orang lain, terutama yang tak dikenal, adalah sesuatu yang memalukan. Terlebih di usia prasekolah ini.

Rasa malu seperti ini berawal dari pengamatan dan proses belajar. Semua tergantung pada nilai yang diajarkan kepada anak dalam setiap keluarga. Ada anak yang tanpa malu berkeliling rumah sehabis mandi dan tak berpakaian hingga usia sekolah. Tetapi, ada juga anak usia tiga tahun yang berani mandi sendiri dengan pintu kamar mandi tertutup.

Aturan atau alasan munculnya rasa malu harus selalu dijelaskan kepada anak. "Tujuannya agar anak tak menilai atas dasar tabu," papar Ina-Maria Phillips, ahli pendidikan seks asal Ratingen, Jerman. Misalnya, orang tua dapat mengatakan ketika sedang makan Anda terganggu melihat anak mondar-mandir tanpa busana.

Semua anak belajar dari reaksi orang di sekelilingnya. Awalnya, anak mungkin pernah Anda beritahu untuk menutup pintu kamar mandi atau toilet saat ia di dalamnya. Atau, agar ia tak mengompol di celana. Tetapi reaksi orang lain ketika ia mengompol saat di kelas, misalnya, memberinya pelajaran.

 



Artikel Rekomendasi