Pahami Sebab Balita Ngambek

 

Sepulang kerja, jangankan senyuman, Anda malah mendapati balita Anda ngambek tak mau bertemu Anda. Psikolog Roslina Verauli menyebutkan tiga penyebab.
  • Merasa dibohongi. “Mama pulang sebentar lagi,” bisa jadi kerap Anda lontarkan. Nyatanya Anda pulang larut malam! Anak tak nyaman karena ia tidak bisa memprediksi kapan Anda pulang, padahal kebutuhannya untuk bersama Anda tidak bisa lagi ditunda. Jadi, jujur saja kalau Anda bakal pulang terlambat malam ini. Jika perlu telepon dan minta maaf pada anak untuk membangun rasa kepercayaannya.
  • Waktu eksklusif bersama anak kurang. “Sebenarnya kalau waktu eksklusif ini cukup, anak merasa Anda tetap peduli dan perhatian padanya meski Anda pulang malam,” ujar psikolog di RS Pondok Indah ini. Pastikan Anda punya kesempatan eksklusif yaitu ketika Anda mencurahkan perhatian hanya untuk anak, tanpa gangguan suami atau pekerjaan. Singkat saja, 15 menit cukup dan lakukan hampir setiap hari.  
  • Aksi manipulatif anak harus Anda perhatikan. Batita bisa mengambek untuk mendapatkan keinginannya. Sayangnya, ibu malah lebih permisif bahkan cenderung lebih sering memberi hadiah yang sebenarnya tidak diperlukan. Anak ngambek itu sebenarnya hanya butuh ditenangkan.

 



Artikel Rekomendasi