Perjalanan Ke Sekolah, Ajak Balita Ngobrol

 

Margaret Richards, PhD, seorang psikolog anak dari klinik di Cleveland, AS, perjalanan bermobil sekitar 30 menit hingga 1 jam, ditambah suasana pagi hari, adalah momentum  yang baik untuk membangun kedekatan ibu dan anak. Margaret menyarankan para bunda untuk on atau allert dalam perjalanan bersama anak, sehingga bisa mengolah percakapan yang singkat, padat, namun penuh makna. Anda bisa mengajak anak:
  • Menceritakan sekolahnya, taman bermainnya, teman-temannya, mainannya, binatang peliharaan, adik atau kakak, dan sebagainya.  
  • Main tebak-tebakan, berlomba membaca rambu lantas, berlomba menghitung kendaraan sejenis, atau menyanyi bersama, bila lelah mengobrol.
  • Berpelukan sepanjang perjalanan, atau Anda mengucirkan rambutnya, menyuapinya sarapan, dengan syarat, dilakukan dengan manis dan ramah.
Apakah efektif menggunakan waktu yang hanya sejenak di kendaraan untuk kembali memperkuat koneksi dengan balita?  Tentu saja!  Menurut Margaret, ngobrol di mobil justru membuat anak merasa nyaman untuk membuka diri.  Itu karena, posisi duduk di dalam mobil membuat Anda berdua tidak harus berhadapan atau menatap mata masing-masing.  Keadaan ini, membuat anak-anak yang berkarakter tertutup lebih nyaman untuk bicara terbuka. Selain itu,  ketika berkendara, biasanya baik Anda maupun anak  terfokus pada situasi di jalanan.  Sebetulnya itu dapat menjadi pancingan pertama dalam membuka obrolan ringan.  Yaitu, membicarakan apa yang sedang terjadi di sekitar Anda.  Misalnya, soal anak-anak yang mengemis di jalan, warna mobil yang disukai.  Namun, jangan lupa untuk mematikan smartphone, DVD, radio, atau apapun yang dapat mengganggu koneksi Anda dan anak, sehingga Anda berdua dapat lebih berkonsentrasi pada pada isi pembicaraan.

Anak terbiasa terbuka. Keuntungan lain kebiasaan ngobrol di mobil adalah, bila dilakukan terus-menerus, maka akan membuat anak terbiasa terbuka dalam mengungkapkan masalah atau membicarakan topik-topik sensitif, dengan Anda.  Margareth menyebutkan bahwa di Amerika Serikat, anak-anak di usia sekolah yang terbiasa diajak ngobrol di mobil seja kecil, akan mengajak bunda atau ayahnya jalan-jalan naik mobil pada saat mereka ingin curhat.

Baca juga:
Perjalanan Ke Sekolah, Ajak Balita Ngobrol


 



Artikel Rekomendasi