Pupuk Iniatif Anak dengan Memasak

 

Anak dua tahun ingin sekali membantu Anda di dapur. Mungkin Anda justru kuatir, karena pekerjaan dapur malah berantakan. Padahal, bisa kok, asal Anda sabar!

Gemar meniru dan berfantasi. Anak usia sekitar 2 tahun umumnya gemar meniru. Ia senang sekali meniru apa yang dilakukan orang-orang di sekelilingnya. Jika ini terjadi, tak perlu khawatir balita berkembang menjadi anak yang tidak punya inisiatif. Meniru bagi anak usia ini merupakan "kendaraannya" dalam belajar.

Selain meniru, anak-anak usia ini juga gemar berfantasi. Mereka senang sekali bermain pura-pura. Hari ini berpura-pura jadi polisi, besok dengan mudah berganti peran menjadi seorang suster atau guru. Karenanya, keinginannya yang besar untuk melakukan hal-hal yang dikerjakan orang dewasa di sekelilingnya merupakan perpanjangan dari fantasinya bahwa ia juga dapat berperilaku seperti orang-orang yang ditirunya itu.

Membiarkan anak ikut melakukan yang Anda kerjakan merupakan suatu permainan baginya. Jika anak tertarik, ajaklah ia melakukan sesuatu di seputar rumah. Misalnya, menyiapkan makan. Menyiapkan makan ini bisa menjadi kegiatan menyenangkan bagi anak. Tentunya pilih peralatan makan yang aman bagi anak.

Misalnya, gelas yang terbuat dari bahan kaca bisa pecah jika terjatuh. Gelas plastik lebih aman bagi anak. Balita juga dapat Anda perkenalkan pada fungsi masing-masing benda dan bahaya dibalik benda-benda tersebut.

Kegiatan sederhana ini dapat memberi banyak manfaat bagi anak. Tentu, perlu disesuaikan dengan kemampuannya.

 



Artikel Rekomendasi