Pura-Pura Jadi Ayah

 

Sesekali izinkan anak bermain menggunakan barang-barang milik ayah atau ibu. Bisa jadi hal ini adalah bagian kreatifitas anak.   

Anak begtu memuja Anda! Melihat Anda membaca koran, ia akan duduk di samping Anda sambil pura-pura pula membaca. Atau, sesekali ia mengambil ponsel Anda dan pura-pura menelepon.

Perspektif dan kreatif. Bermain menggunakan barang-barang milik ayah atau ibu, membuat anak merasa menjadi sosok Anda. Ketika mengenakan baju dengan dasi dan tas kerja seperti penampilan Anda, ia merasa seolah-olah jadi orang sukses seperti ayahnya. Itulah bagian dari imajinasi anak tentang dunia orang dewasa.

Keberhasilannya meniru apa yang Anda lakukan adalah hasil dari jelinya pengamatan mata anak.  Ketika berperan menjadi orang tua, ia menasihati boneka-bonekanya  persis seperti Anda menasihati dia. Anda mungkin tertawa, “Seperti itukah aku?”

Selain asyik, bermain pura-pura mengasah keterampilan sosial-emosi anak yang  tengah berkembang. Beri ruang sebebasnya bagi anak untuk mengembangkan imajinasi dari lingkungan sekitarnya. Anda bisa mendorongnya dengan bertanya atau mengajaknya bereksplorasi melalui permainan pura-pura yang mengasyikkan ini.

Sediakan mainan peralatan bekerja, seperti laptop mainan, HP mainan yang juga bisa Anda buat sendiri dari kardus bekas ukuran kecil. Kreativitasnya berkembang pesat saat Anda tak telalu banyak ikut campur dengan acara bermainnya.

 



Artikel Rekomendasi