Saat Anak Tak Mau Diam

 

Sekolah yang bagus adalah sekolah yang dapat membuat anak senang dan bersemangat saat akan pergi sekolah. Namun, belum tentu jika sudah mendapatkannya anak akan terbebas dari masalah. Misalnya saja, karena terlalu bersemangat ia justeru lebih asyik berkeliling kelas daripada belajar.

Tidak bisa diam
Saat anak-anak lain di kelas mewarnai, ia hilir mudik jalan di kelas. Terkadang memukul-mukul meja yang  membuat suara musik. Perilakunya yang tidak bisa diam ini membuat anak lain ‘protes’ kepada Bu Guru.

Mengapa? Rentang konsentrasi anak usia prasekolah sekitar 5-15 menit. Anda tidak bisa berharap dirinya akan diam pada satu kegiatan lebih dari itu. Jika guru mengeluhkan anak Anda tidak bisa diam di kelas, kemungkinan ia merasa kurang tantangan di kelas atau ia bosan dengan aktivitas yg ditawarkan gurunya. Sebaliknya Anda juga perlu bertanya-tanya jika anak diam saja atau pasif di sekolah. Biasanya anak yang pasif ini justru kurang kreatif.

Solusi: Tanya kepada guru atau pihak sekolah mengenai program pengajaran di kelas. Selain itu, lihat juga,  apakah program yang ditawarkan kurang menantang si kecil yang membuatnya bisa menyelesaikan lebih cepat dari teman-temannya. Jika itu yang terjadi, diskusikan dengan guru  untuk memberinya kesibukan berbeda sambil menunggu teman-temannya selesai. Jika perilaku tidak bisa diam nya ini sudah sampai menyakiti diri sendiri dan teman-temannya, ajak ia ke psikolog.

KONSULTASI : DR. ROSE MINI AP, M.Psi, psikolog pendidikan, pengajar di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia

 



Artikel Rekomendasi