Sabar, Jika Anak 1 Tahun Berulah

 

Perkembangan anak usia 1 tahun memang sedang lucu-lucunya. Tingkahnya kerap membuat Anda tertawa. Tapi ada pula ulahnya yang bisa membuat bunda kurang berkenan, berikut diantaranya:
  • Membuntuti Ibu. Sebetulnya normal saja buat anak usia ini untuk selalu mengekor dan ‘nempel’ bunda. Namun hal itu menjadi derita Anda ketika anak tak mau ditinggal barang sedetikpun –boro-boro Anda tinggal ke kantor. Anda pun makin merasa bersalah dan anak juga kecil hatinya.
  • Drama waktu tidur. Kebanyakan anak usia 15-18 bulan akan berubah pola tidurnya, dari 2 kali tidur menjadi  1 kali tidur. Namun transisi ini tidak selalu berjalan mulus. Waktu tidur makin menjadi ‘ajang perang’ karena anak menyadari bahwa mata melek bersama bunda dan ayah  jauh lebih menarik daripada tidur sendiri di boksnya.
  • Over kuota kata “Nggak!”“ Nggak!” adalah kata yang sangat fasih diucapkannya. Di usia setahun ia tahu apa yang ia tidak mau, tidak suka dan tidak ingin –dan ia tidak sabar menegaskan pendapatnya itu pada Anda.  
  • Tantrum. Dengan perbendaharaan katanya yang terbatas, anak akan menunjukkan frustrasinya lewat kemarahan fisik. Menjatuhkan diri ke lantai, menendang-nendang dan berteriak-teriak adalah ‘bahasa’ anak usia batita saat mengekspresikan rasa kecewa dan marahnya.
Anda tak perlu kesal berkepanjangan, karena memang itulah yang biasa dilakukan oleh anak usia 1 tahun. Sabar ya Bunda.

 



Artikel Rekomendasi