Semua Masuk Ke Mulut

 

Bagi balita 1 tahun, eksplorasi tak akan bermakna tanpa memasukkan semua yang ia temukan ke dalam mulut. Tenang Bunda, dia sedang dalam fase eskplorasi oral dan itu terjadi secara alami.
 
Eksplorasi oral. Bagi balita 1 tahun, cara belajar paling efektif adalah dengan melibatkan seluruh indera. Indera yang paling sensitif dan menyimpan banyak saraf adalah indera perasa di rongga mulut. Bagi bayi hingga usia 18-24 bulan, fase oral ini adalah tahapan yang “wajib” dilalui dalam tahapan perkembangannya. Dengan memasukkan benda-benda yang sedang diamatinya, anak jadi punya gambaran yang utuh tentang benda.

Berikan mainan gigit. Selain dorongan fase oral yang alami, anak usia ini gemar memakan apa pun yang ada di sekitarnya, karena merasakan sensasi gatal pada gusi, akibat proses tumbuh gigi. Dengan menggesekkan teether ke gusi, sensasi tersebut seakan terobati. Untuk memfasilitasinya, berikan mainan gigit atau teether yang aman dan tidak melukai gusi namun justru merangsang tumbuh gigi.
 
Cermati kebersihan. Dalam memfasilitasi kebutuhan fase oral, penting untuk memperhatikan dan menjaga kebersihannya. Cucilah selalu mainan gigit atau teether sebelum digunakan. Mencuci mainan anak sebaiknya dilakukan secara alami. Dan cucilah selalu tangan anak sehabis bermain atau sediakan tisu basah.

Amankan lingkungan. Hal ini penting untuk Anda perhatikan selama anak mengalami fase oral. Amankan lingkungan sekitar anak dari benda tajam dan yang mengandung zat berbahaya, karena akan sangat berbahaya jika masuk ke mulut anak. Jauhkan obat-obatan dari jangkauannya.

Pengarahan verbal. Beritahu anak untuk tidak memasukkan semua ke mulutnya dengan pengarahan verbal dan gunakan sesedikit mungkin kata “Jangan.” Karena semakin anak dilarang, dia akan semakin penasaran. Anda dapat menggunakan trik, “mengalihkan perhatiannya” kepada hal lain. Selain itu, sediakan sarana yang dia perlukan, seperti area luas yang akan memberinya ruang gerak untuk bebas bereksplorasi. Jika di luar rumah,  bawakan selalu benda kesayangan untuk digigit sehingga lebih aman. (me)

Baca juga:
Membersihkan Mulut Bayi
Mulut Bersih Bebas Infeksi

 



Artikel Rekomendasi