Si 1 Tahun: Memperlihatkan Afeksi

 

Berbeda dengan bayi yang ekspresinya masih terbatas, si 13 – 24 bulan sudah lebih pandai mengekpresikan perasaan. Terutama, kasih sayang dan cinta kepada orang lain. Seperti kepada ayah, ibu, pengasuh, kakak, atau teman dan sepupunya.

Berbagi & saling percaya. Si satu tahun sudah dapat memberikan feedback ketika orang lain bersikap atau berperilaku. Reaksi yang diberikan si satu tahun beragam, dari reaksi verbal, mimik sampai perilaku. Biasanya, untuk memperlihatkan kasih saying si 1 tahun akan berbagi benda kesayangan dengan orang yang disayangi. Atau, ia juga akan menaruh rasa percaya bahwa orang yang disayanginya mau diajak bermain, menemaninya di kala sepi atau berbagi ‘rahasia’.  

Bersama teman sepermainan yang ia sayangi, si satu tahun biasanya tak segan memeluk, menggandeng dan selalu mengajaknya berkegiatan bersama. Selain kebersamaan, kasih saying si kecil pada temannya kerap diekspresikan juga dalam bentuk berbagi, meskipun dalam tahapan perkembangannya, si 1 tahun masih ‘sibuk’ mengembangkan egonya.
Mengetahui dan menyadari perkembangan ini sangat berguna. Sebab, orang tua dapat mendukung perkembangan emosi dan kecerdasan interpersonal anak dengan mengembangkannya. Dengan memberi contoh, dan banyak kesempatan ‘berlatih’ sejak dini, si kecil akan tumbuh dengan kepribadian positif.

Dukungan menguatkan. Anak-anak pada dasarnya belajar dari reaksi sekeliling. Dengan ekspresi afeksi yang sederhana, orang tua atau orang dewasa sekitarnya dapat memberikan reaksi positif. Reaksi positif baik secara verbal, sikap dan perilaku mendukung anak untuk terus mengasah ketrampilan ekspresi tersebut.
    
Sejalan dengan perkembangan si 1 tahun, yang ketrampilan bahasanya  sedang berkembang, Anda juga dapat memberi contoh, cara tepat mengungkapkan perhatian dan kasih saying secara verbal. Jadi sambil mengajarkan ketrampilan berbicara, Anda bisa mengajarkan ekspresi bahasa pada si batita.   

Tak hanya itu, dengan semakin terasahnya kepekaan dan ketrampilan si 1 tahun mengungkapkan kasih sayang, ada baiknya orang tua juga mengajarkan berbagai cara bervariatif untuk mengungkapkan afeksi. Misalnya, dengan menorehkan krayon pada kartu ucapan ulang tahun untuk nenek, misalnya. Atau, menghibur opa yang sedang sakit, dan perwujudan lainnya. Meskipun semua belum dapat dilakukan si 1 tahun dengan sempurna, tetapi ini adalah momen tepat mulai mengajarkan anak mengembangkan afeksi dan beragam ekspresi untuk mengungkapkannya.
 

 



Artikel Rekomendasi