Si 1 tahun: Memukuli Diri

 

Tunggu dulu. Jangan buru-buru menyimpulkan si kecil senang menyakiti diri sendiri. Tak separah itu! Apalagi ia masih sangat muda. Kalau pun kejadian itu sering berulang, Anda berkesempatan mengubah perilakunya.
 
Siap mandiri. Usia ini merupakan tahap perkembangan penting bagi seorang anak. Keterampilan berkomunikasi sedang ia pelajari. Keinginan, kebutuhan dan perasaan-perasaan sedang ia coba komunikasikan dengan kata-kata dan ekspresi wajah.
 
Usia ini juga merupakan usia penting karena anak siap mandiri. Ia  punya keinginan sendiri dan tidak ingin lagi segala sesuatu ditentukan oleh orang lain. Oleh karena itu ia sering marah bila keinginannya tak terpenuhi.
 
Memukul kepala atau menggigit diri sendiri kerap menyertai kemarahannya. Mengapa diri sendiri dijadikan sasaran kemarahan? Mungkin saja Anda selalu melarangnya memukul atau menggigit Anda atau pengasuhnya bila ia marah karena keinginannya tak terpenuhi.  Lalu, dengan cara apa ia mengungkapkan kekesalannya?
 
Perbendaharaan kata-kata anak usia ini masih kurang dari limapuluh kata. Kata-kata sebanyak itu belum dapat digunakan sepenuhnya untuk merangkai kalimat lengkap. Akibatnya si 1 tahun pun tak dapat mengungkapkan kemarahannya secara verbal selain menangis dan menyakiti diri sendiri. Baginya, inilah cara berkomunikasi yang paling efektif.
 
Hentikan ulahnya. Yakinlah, si 1 tahun sedang belajar mengomunikasikan perasaannya pada orang lain. Tetapi, apakah perilaku ini  terus bertahan atau hilang, sangat tergantung cara Anda menanggapinya. Kalau Anda menganggap perilakunya sebagai usaha untuk mengekspresikan kemarahannya, Anda perlu melatihnya mengungkapkan perasaan marahnya dengan tepat. Tangkap tangan si kecil saat ia mulai memukuli kepalanya atau ketika hendak menggigit tangannya. Gendong, atau dudukkan ia di pangkuan Anda. Katakan ia tak boleh berbuat demikian karena Anda sangat mencintainya, dan tidak pernah menyakitinya. Jelaskan padanya  yang ia inginkan tidak dapat ia peroleh karena suatu hal.
 
Bila Anda menduga perilaku menyakiti diri sendiri sebagai usaha mencari perhatian, Anda perlu memberinya perhatian. Tetapi tidak segera setelah anak menyakiti dirinya sendiri. Pola ini akan dipergunakan si 1 tahun untuk memanipulasi Anda.
Anda perlu meluangkan waktu untuk beraktivitas bersama si kecil setiap hari. Ubahlah situasi bila saat bermain anak Anda marah dan mulai menyakiti diri. Alihkan perhatiannya ke hal lain.

 



Artikel Rekomendasi