Si 2 tahun: Lebih Suka di Rumah

 

Masa ini adalah masanya si kecil mulai berminat ke luar rumah dan memandangi anak-anak lain bermain. Ada anak yang langsung ingin bergabung meski bermain sendiri, ada pula anak yang hanya jadi penonton. Apakah anak langsung bergabung atau  jadi penonton, ia sedang belajar bermain bersama. Tapi ada juga anak yang tak ingin ke luar rumah. Ia lebih senang bermain di dalam rumah, atau menonton anak lain bermain dari balik pagar rumah.
 
Tiap anak unik. Perkembangan anak itu unik. Kalau anak Anda tergolong yang lebih senang berada di dalam rumah, itu memang karakternya. Anak lebih senang di rumah bukan berarti ia tidak belajar. Tapi sebetulnya banyak hal menarik yang bisa dijumpai anak di luar rumah. Misalnya ia bisa melihat anak-anak yang lebih besar sedang bermain, pepohonan, capung, kupu-kupu dan kalong di malam hari.
 
Melalui orang lain yang ditemui di luar rumah, anak belajar mengembangkan hubungan yang sehat dan mengembangkan emosi yang sehat. Melalui perkenalannya dengan orang lain anak membangun keberaniannya menghadapi orang lain. Keterampilan sosial ini akan meningkatkan keterampilan kerja sama, juga memberi kesempatan anak untuk mengekspresikan perasaan dan sikap emati pada orang lain.
 
Bermain di luar rumah juga memberi anak banyak pengalaman seperti menginjak aspal, mengembangkan aspek spasial dengan melihat jarak jauh dan dekat, merasakan angin, melihat daun jatuh dan sebagainya.
 
Bantu anak keluar rumah. Untuk si kecil yang 'rumahan', berada di luar rumah mungkin  tak memberinya rasa nyaman. Orang tak dikenal, pemandangan, suara, dan suasana yang berbeda dari rumahnya, membuatnya hanya berani melihat dari balik pagar. Anda tak perlu memaksa anak untuk mau keluar rumah. Usianya baru dua tahun, ia masih punya kesempatan untuk memulai. Perkenalannya dengan dunia luar dapat dilakukan dengan perlahan-lahan.

Kalau Anda, bunda atau ayahnya  bukan orang yang 'gaul' dengan tetangga, agak  sulit mengajak anak keluar rumah, kecuali Anda mengijinkan si kecil bersama pengasuhnya  ke luar rumah.  Untuk mengajak si kecil berkenalan dengan dunia luar, cobalah cara ini:
• Ajak anak keluar dari pagar untuk melihat anak lain yang sedang bermain tanpa melibatkannya
• Ajak anak berkenalan dengan anak lain yang sedang bermain di luar rumah
• Ajak anak melihat apa saja yang ada di sekitar rumahnya
• Pujilah anak bila ia dapat melakukannya tanpa rasa takut
• Kurangi penggunaan kendaraan untuk bepergian jarak dekat. Ajak si kecil jalan kaki  saat Anda pergi ke mini market terdekat

 



Artikel Rekomendasi