Si 2 Tahun:Tidak Mau Tidur

 

Si dua tahun memiliki ketertarikan luar biasa di tahun ketiganya ini. Ia tak hanya trampil menggunakan berbagai jenis mainan. Itu juga semakin mahir bergerak, menyanyi, dan berkomunikasi. Itu juga yang membuatkan tak ingin buru-buru tidur kendati waktunya telah tiba. 
 
Sudah berbeda. Di usianya kini, anak Anda akan punya banyak minat dan keingintahuan. Dari mengeksplorasi ketrampilan diri hingga lingkungan. Saking bersemangatnya, tak jarang si kecil jadi terlalu excited. Ia pun jadi enggan diajak mengikuti jadwal rutin harian karena keasyikannya mengeksplorasi ketrampilan corat-coret “terputus”. Misalnya, oleh jadwal makan, mandi juga tidur. Akhirnya, meskipun mengantuk ia tak mau tidur.
 
Kebutuhan tidur si 2 tahun memang berbeda dibandingkan ketika masih bayi. Bisa jadi anak Anda masih membutuhkan tidur pagi dan siang, masing-masing 1 – 2 jam. Tapi bisa jadi juga ia tak membutuhkan tidur siang atau selingan sama sekali. Sebenarnya selama ia tak menjadi rewel karena pola tidurnya “terganggu”, tidak apa-apa. Anda bisa mulai menjadwalkan jam tidur teratur yang lebih pagi, misalnya jam antara jam 19.00 – 20.00.
 
Stimlasi berlebihan. Bisa jadi juga, sulit tidurnya si 2 tahun adalah pertanda ia mengalami overstimulasi. Nah, kalau sudah begitu, cara paling jitu adalah menerapkan ritual tidur yang teratur. Dari keteraturan inilah, lebih mudah menstruktur jadwal harian si kecil. Meskipun demikian ini tak berarti jadwalnya jadi begitu kaku. Jalankan saja secara alami, perubahan sedikit di sana-sana dari jadwal bisa disesuaikan.
 
Ritual tidur. Nah, ketika si kecil rewel karena lelah tapi tak mau tidur maka Anda bisa menyusun strategi seperti ini:
• Rancanglah agar semakin sore aktivitasnya semakin tenang. Hindari kegiatan bermain yang terlalu ribut dan mendorongnya melompat-lompat. Di sore hari, Anda bisa merangkai puzzle, menyusun balok, mendengar CD lagu anak yang menyenangkan dan menenangkan, atau sekadar melihat-lihat foto. 
• Apabila di jam 15.00 – 16.00 Anda bermain di teras bersama si kecil, ajaklah ia bermain di ruang keluarga menjelang jam 18.00. Setelah makan malam, ikutlah bersama si kecil ke kamarnya.
• Sebaiknya Anda memiliki ritual tidur dengan alur yang lebih terstruktur agar proses cooling down menjadi lancar. Anda bisa bercerita, membacakan dongeng, bermain bayang-bayang, membiasakan berdoa sebelum tidur dan menyanyikan lagu pengantar tidur hingga ia terlelap.
• Tak lupa pula redupkan lampu dan redakan suara di sekeliling. Ssst, si kecil sungguh peka dengan rangsang suara maupun hiruk-pikuk tanpa suara, lho. Ada baiknya, Anda sekeluarga menyesuaikan ritme dengan si 2 tahun yang tidak mau tidur ini.
 

 



Artikel Rekomendasi