Si 3 Tahun: Tidur Siang

 

Tidur siang adalah cara untuk memenuhi kebutuhan tidur dalam satu hari. Dokter anak merekomendasikan anak-anak usia 2 – 3 tahun untuk tidur satu jam paling tidak di sore hari. Sedangkan anak-anak usia 3 -4 tahun, kebutuhan tidur sudah akan terpenuhi dengan tidur malam saja.
 
Tak perlu dipaksa. Orang tua biasanya akan sangat jengkel menghadapi keengganan si balita untuk tidak tidur siang. Sudah pulang dari prasekolah, makan, main dan berbagai kegiatan lainnya, kok, tetap tidak tidur, sih? 

 “Kunci yang penting dipahami orang tua, tidur siang harus menjadi oasis yang menyenangkan si sela hari sibuk si kecil. Jadi, tak perlu memaksa si kecil terlelap. Istirahat saja sudah cukup,” jelas dr. William Sears, dokter anak dan penulis buku-buku kesehatan anak asal Amerika. 
Nah, sudah begitu tentu sebuah kekeliruan besar apabila orang tua memaksakan si 3 tahun untuk tidur siang apabila ia sedang tidak ingin. Bukan hanya karena si kecil sedang ada di tengah kegiatan mengasyikkan, melainkan kebutuhan tidurnya sudah terpenuhi.
 
Lalu apa sebaiknya yang dilakukan si kecil untuk mengisi waktu selama tidak tidur? Dr. Sears menyarankan agar orang tua memberikan kesempatan bagi si kecil melepas ketegangan dan lelah setelah seharian beraktivitas dengan berbagai cara lain. Bisa berupa kegiatan yang sifatnya cooling down, seperti mendengarkan musik, melihat-lihat buku bergambar, atau bermain di tempat tidur. Atau, sekadar tidur-tiduran. 
  
Sudah siap. Sebenarnya tidak tidur siang memberi “keuntungan” tersendiri bagi anak? Biasanya, anak-anak yang tidak tidur di siang hari, akan tidur lebih pagi. Sekitar pukul 7 – 8 malam. Dengan demikian mereka akan bangun pagi. Ini tentu menguntungkan terutama bagi mereka yang sudah bergabung dalam preschool. Kendati pada umumnya anak usia ini tidak mutlak butuh tidur siang, ada anak tertentu yang perlu ekstra perhatian. Dalam arti, mereka belum siap menanggalkan jadwal tidur siang.
 
Menurut Sears, ada beberapa tanda yang perlu dicermati orang tua untuk menentukan apakah jadwal tidur siang tetap harus dipertahankan. Misalnya, si kecil yang rewel karena kelewat lelah di malam hari merupakan salah satu tanda si kecil mutlak butuh jadwal tidur tambahan di siang atau sore hari, "Dengan membuat chart kegiatan dan jadwal tidur anak dalam sehari Anda bisa mengukur, apakah si kecil masih membutuhkan jadwal tidur tambahan di luar tidur malam".   
 

 



Artikel Rekomendasi