Si 4 tahun: Ketika Si Buyung Ingin Pakai Lipstik

 

“Bunda cantik sekali pakai ini. Aku boleh coba?” kontan saja pertanyaan Bobby, si 4 tahun, saat sedang duduk di muka meja rias sambil memegang lipstick membuat sang Bunda “tegang”. Rasanya semua ibu saat ini menjadi resah apalagi berkaitan dengan tema perkembangan identifikasi seksual anak.

Jangan khawatir Bunda! Menurut pakar psikologi perkembangan asal Jerman, Dr. Michael Kavsek, dari Universitas Bonn, keinginan si buyung menjajal kosmetik atau pernak-pernik ibunya sama halnya dengan dorongannya untuk mencoba pakaian dan peran Pak Polisi, Tentara, Pemadam Kebakaran, Dokter dan lain-lainn.
 
“Di usia dua dan tiga tahun, anak-anak baru sadar akan identitas seksual, ‘Aku anak perempuan. Aku anak laki-laki’. Dan ini mempengaruhi orientasi seksual dalam bentuk penampilan luar. Nah, baru di usia 5 – 6 tahun, anak akan mencapai pemahaman bahwa identitas seksual tak dapat berubah-ubah”.
 
Dr. Kavsek menyarankan orang tua mengarahkan dan menjelaskan apa yang sebaiknya si lakukan dan tidak. Ketakutan tentang bingung identitas seksual tak perlu diperpanjang dengan memarahi balita. Ini hanya akan menambah rasa penasaran balita.
 
 

 



Artikel Rekomendasi