Si 4 Tahun: Mulai Suka Menghitung

 

Si 4 tahun mulai berpikir bahwa menghitung itu penting. Buktinya, orang dewasa gemar melalukannya. Sepulang belanja misalnya, ibu menghitung belanjaannya: sabun mandi, susu, diaper adik, biskuti, satu, dua, tiga...empat.

Menyebut angka. Pertama kali anak mengenal angka ketika ia berulang tahun. Simbol angka empat misalnya dikenal anak lewat lilin ulang tahun yang tertancap di kue tar.
Cara lain untuk mengenal angka adalah dengan mengamati jam, menyebut angka mulai dari satu sampai dua belas. Ketika angka-angka terlepas dari rangkaiannya, angka itu kembali tak bermakna bagi anak dan ia kembali tidak mengenali angka-angka yang dibilangnya.

Anak-anak usia 4 tahun memang belum paham lambang bilangan. Mereka mengenal bilangan melalui jumlah benda, sesuatu yang nyata. Belajar mengenal angka atau lambang bilangan dilakukan si kecil dengan cara menghitung benda, misalnya buah-buahan.
Kemampuan mereka hanya pada membilang satu persatu benda yang akan dihitung sesuai jumlahnya. Satu apel, dua apel, tiga apel dan seterusnya

Berpikir kongkret. Ketrampilan menghitung berkaitan dengan perkembangan berpikir. Anak usia ini berada pada tahap berpikir kongkrit. Ia memahami bilangan tiga dari tiga buah jeruk
Ketrampilan menghitung mencakup koordinasi memegang atau menunjuk benda, menyebut angka dan mengingat urutannya. Cukup sulit bagi anak sehingga lama pula waktu yang dibutuhkannya untuk secara sungguh-sungguh mengenal bilangan yang mewakili sejumlah benda. Lambang bilangan baru dipelajari di sekolah
Bermacam cara melatih anak untuk mengenal bilangan, misalnya menghitung buah-buahan ketika mengajak anak belanja. Bermain-main menghitung biji kacang juga dapat Anda lakukan bersama anak. Aman bagi anak usia ini untuk bermain dengan kacang, karena ia taka akan menelannya. Kegiatan ini memantunya mengenal angka saat sekolah mengajarkannya.

 



Artikel Rekomendasi