Si Balita Pun Menikmati Kompetisi

 

Tak semua orang tua memahami keinginan berkompetisi balita. Mengapa anakku suka sekali bersaing? Bagaimana sebaiknya ibu dan ayah menghadapi hal demikian?

Di kepala sebagian besar orang tua, bisa jadi, anak-anak terlalu kecil untuk terpapar situasi penuh kompetisi, meskipun untuk hal-hal kecil. Benarkah demikian? Anak-anak sebenarnya memiliki naluri dasar untuk bersaing. Dimulai saat balita usia 3 atau 3,5 tahun, anak-anak mulai mengukur dirinya, ungkap Dr. Hermann Scheuerer-Englisch , psikolog lembaga konsultasi keluarga, pendidikan dan anak, di Regensburg, Jerman.

Sebagian besar anak suka berkompetisi, namun tak semua orang tua memahami keinginan berkompetisi ini sebagaimana anak-anaknya. Masalahnya, selama ini persaingan yang terjadi kerap kali tak hanya melibatkan si balita. Di TK, misalnya, orang tua dari anak-anak yang mengikuti lomba lari karung atau lomba menggambar, terlalu melibatkan diri. Seharusnya persaingan antarbalita dibiarkan saja menjadi persaingan atau kompetisi diantara mereka.

Menurut Dr. Scheuerer-Englisch, ukuran anak-anak dibandingkan orang dewasa sangat berbeda dalam urusan persaingan. Anak-anak melihatnya lebih sebagai bagian dari kegiatan bermain. Mereka tak sakit hati jika mengalami kekalahan.

Persaingan sehat. Berdasarkan tahapan perkembangan, di usia 3 atau 4 tahun, anak-anak mulai bermain bersama dalam kelompok, berbicara satu sama lain dan memilih teman bermain. Elizabeth B. Hurlock, ahli perkembangan anak, memasukkan persaingan sebagai salah satu pola perilaku situasi sosial pada masa kanak-kanak awal. Ketika Anda melihat balita suka berlomba minum susu dengan kakaknya, atau saling membandingkan tinggi badan dengan para sepupu, itu pertanda perkembangan psikogis balita Anda sehat.

Pada masa ini orang tua bertugas mengarahkan anak agar persaingan berlangsung sehat. Artinya, persaingan tanpa campur tangan orang dewasa merupakan bagian dari kegiatan bermain, mendorong anak meningkatkan keterampilan atau kemampuan, dan menempa daya juang anak.
 

 



Artikel Rekomendasi